Pemerintah Provinsi Kalbar saat ini sudah menyalurkan 11 ribu paket bantuan sosial (bansos) pangan di sejumlah kabupaten dan kota sebagai upaya pengendalian dan mitigasi inflasi.

"Sampai saat ini sudah tersalur sekitar 11 ribu paket bansos pangan yang tersebar di Kabupaten Kapuas Hulu, Sintang, Melawi, Sekadau, Sanggau, Sambas, Bengkayang, Kubu Raya, Landak, Kota Singkawang dan Pontianak," ujar Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalbar, Heronimus Hero di Pontianak, Jumat.

Menurut dia untuk penyaluran bansos pangan yang merupakan upaya Gubernur Kalbar untuk mencegah inflasi terus akan dilakukan di daerah lainnya sehingga 14 kabupaten atau di Kalbar mendapat bansos pangan.

"Dalam penyaluran bansos pangan ditargetkan ada 15 ribu paket untuk Provinsi Kalbar," jelas dia.

Terkait harga pangan, sejauh ini menurutnya relatif stabil. Hal itu tidak terlepas dari peran pemerintah baik pusat dan daerah secara bersama melakukan mitigasi.

"Untuk Provinsi Kalbar dengan adanya bansos pangan dan pasar murah sebagai langkah untuk pengendalian harga dan mitigasi inflasi dapat membuat harga stabil," kata dia.

Menurutnya, untuk September 2022, andil inflasi dari sektor transportasi yang mendominasi. Sedangkan untuk komoditas pangan relatif stabil.

"Saat ini rata - rata, harga ayam ras potong Rp45.400, sapi Rp153,571 per kilogram dan beras premium Rp14.236 per kilogram dan medium Rp12.450 per kilogram. Kemudian untuk bawang merah Rp34.621 per kilogram, bawang merah Rp23.786 per kilogram, minyak goreng Rp17.029 per liter, cabai rawit Rp79.043 dan gula pasir Rp14.500 per kilogram," jelas dia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), inflasi Provinsi Kalbar gabungan dari kota IHK yakni Kota Pontianak, Kota Singkawang dan Kabupaten Sintang pada September 2022 sebesar 1,57 persen. Dengan adanya kebijakan penyesuaian harga BBM, kontribusi kelompok transportasi sendiri dalam inflasi di Provinsi Kalbar sebesar 1,1 persen.

Baca juga: Pemprov Kalbar salurkan 2.000 paket bansos pangan di Bengkayang
Baca juga: Satono apresiasi bansos pangan dari gubernur hingga perbatasan
Baca juga: Kahmi Sambas apresiasi bansos pangan dari Gubernur Kalbar

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022