Satu-satunya calon tunggal dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 dari 53 desa yang menggelar pesta demokrasi di Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat yakni di Desa Sijang, Kecamatan Galing melalui musyawarah disepakati sebagai pemenang.

"Kami sudah melaksanakan tugas sesuai peraturan bupati namun hasilnya satu orang calon kades. Maka dari itu, kami bermusyawarah dan sepakat menetapkan calon tunggal di Pilkades Sijang sebagai kepala desa terpilih," ujar Camat Galing, Usman saat dihubungi di Sambas, Rabu.

Ia menjelaskan bahwa penetapan yang dilakukan tersebut melibatkan berbagai unsur yakni perangkat desa, tokoh masyarakat dan agama, Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan Galing serta juga disaksikan Sekretaris Dinas Sosial PMD.

"Sehingga hasil kesepakatan sebagai Kepala Desa Sijang terpilih Kecamatan Galing yaitu periode 2022 - 2028 yakni Rusdin," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Muzakir mengatakan telah melakukan serangkaian tahapan untuk penyeleksian kepala Desa Sijang.

"Semua tahapan telah kami ikuti, namun hanya satu orang yang lolos sebagai calon kepala desa," ungkapnya.

Kepala Desa terpilih Rusdin menyatakan berkomitmen memajukan desa dan perlunya kerja sama dan dukungan semua pihak.

"Terima kasih atas kepercayaan yang diberikan. Mohon doa restu, dan kerja sama serta dukungannya untuk memajukan desa kita," katanya berharap.

Dengan Program Sijang Mantap, ia berharap Desa Sijang lebih baik ke depannya melalui visi dan misi yang telah dibuat.

"Sijang Mantap ini singkatan dari Mandiri, Akuntabel, Nilai-Nilai Agama-Sosial, Tata Kelola Pemerintahan yang Baik, Aspiratif, dan Partisipatif, semoga bisa terlaksana," ujarnya.

Saat ini untuk tahapan Pilkades Serentak 2022 di desa lainnya memasuki tahap masa tenang. Pemilihan kepala desa dilakukan pada 15 Oktober 2022. Adapun proses penetapan pemenang selanjutnya melalui beberapa tahapan untuk ditetapkan sebagai kades oleh Bupati Sambas.

Baca juga: Masyarakat Sintang diminta jaga keamanan pilkades serentak di 72 desa
Baca juga: Momentum Maulid Nabi SAW Ketua DPRD Sarnawi Sampaikan pesan damai Pilkades
Baca juga: Norsan ingatkan calon kades di KKU wujudkan kampanye damai

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022