Komandan Kodim 1202/Singkawang Letkol Inf I Nyoman Artawan mengatakan siap bersinergi dengan Pemerintah Kota Singkawang dalam menggerakkan pembangunan infrastruktur desa untuk membantu roda perekonomian masyarakat.

"TMMD 115 merupakan bentuk sinergitas bersama pemerintah daerah setempat yang bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat baik fisik maupun nonfisik. Untuk itu kami selalu siap bersinergi bersama Pemkot Singkawang dalam membantu menggerakkan pembangunan infrastruktur di desa," kata Nyoman Artawan di Singkawang, Rabu.

Pernyataannya itu terkait pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) reguler perbatasan ke-115 yang kali ini menyasar di Kelurahan Pangmilang Kecamatan Singkawang Selatan yang memang membutuhkan akses jalan antarkelurahan.

"Infrastruktur jalan penghubung antarkelurahan inilah yang akan kami bangun dalam kegiatan TMMD ini," tuturnya.

Nyoman menambahkan pihaknya menerjunkan 150 personel pada kegiatan TMMD tersebut, dimana pelaksanaannya terbagi dalam kegiatan fisik dan nonfisik.

Kegiatan fisik TMMD di antaranya pembangunan jalan lingkungan di Pangmilang, peningkatan jalan Conglongkong Trans, rehab jembatan, pembangunan toilet mushala dan masjid, pembangunan toilet aula kepemudaan, pembangunan posyandu dan rehab gereja dan pembangunan box culvert untuk drainase di SP 1.

Sementara untuk kegiatan nonfisik seperti penyuluhan bela negara, wawasan kebangsaan, pencegahan stunting, kesehatan dan pendidikan yang membentuk pemahaman yang baik bagi masyarakat.

Di tempat yang sama, Wali Kota Singkawang Tjhai Chui Mie mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan TMMD 115 yang dilaksanakan di Kelurahan Pangmilang ini. Ia mengatakan selama dua tahun terakhir Singkawang mengalami pandemi yang berdampak pada perekonomian masyarakat.

"Oleh karena itu, saat ini Pemerintah Kota Singkawang sedang berupaya untuk menggerakkan dan memulihkan kembali roda perekonomian di Kota Singkawang," katanya.

Dengan TMMD ini, kata Tjhai Chui Mie mampu menggerakkan pembangunan infrastruktur di desa sehingga dapat membantu roda perekonomian masyarakat.

"Semoga program TMMD ini dapat mewadahi aspirasi dan kepentingan masyarakat dan pembangunan di Kota Singkawang dengan efisien dan efektif," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022