Pemerintah Kabupaten Kubu Raya meningkatkan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) melalui Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) yang diselenggarakan Asosiasi Badan Permusyawaratan Desa Nasional (ABPEDNAS) ke II Badan Permusyawaratan Daerah (BPD) se-Kubu Raya.

"Semua BPD bersama mempercepat capaian desa membuat IPM Kubu Raya meningkat dari semua kabupaten yang ada di Kalbar. Melalui Porseni ini merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan generasi di Kubu Raya," kata Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan saat membuka Porseni ABPEDNAS di Kubu Raya, Kamis.

sebagai bupati, dirinya mengapresiasi kegiatan tersebut sekaligus meningkatkan silahturahmi bersama BPD di beberapa kabupaten. Ia mengatakan bahwa seni budaya adalah aset bagi suatu daerah.

"Terkait hari ini kami mengapresiasi, pada kesempatan ini prinsipnya semua bersilahturahmi maupun untuk membangkitkan semangat olahraga dan seni budaya. Karena seni budaya itu merupakan aset bagi kita," tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa Kabupaten Kubu Raya sudah cukup banyak prestasi yang diraih, dari olahraga semua yang unggulan.

Dia mencontohkan, pada saat Pekan Olahraga Daerah (Popda) kemarin, seperti bola kaki itu juara satu, kemudian pencak silat, tinju, renang, dan bulu tangkis juga unggulan, termasuk atletik dan para games yang tentu hal itu sangat membanggakan.

Selain itu juga, seni budaya juga tidak kalah membanggakan, contohnya putri pariwisata kemarin Kubu Raya juara satu yang mewakili seni budaya tari, seni budaya nyanyi.

"Pertunjukan pertunjukan ini juga merupakan aset wisata bagi daerah kita. Di sinilah BPD sebenarnya juga ikut berperan dalam mendorong bagaimana desa maju semua aset wisata," katanya.

Menurut ia yang terpenting adalah hal ini dibawa ke desa masing masing tujuannya supaya berdampak di desa tersebut untuk memperkuat olahraga dan seni di daerah.

"Dalam olahraga dan seni budaya kita dapat memperkuat daerah kita masing masing serta untuk membangkitkan ekonomi juga," tuturnya.

Menurutnya, hal ini dapat menjadi inspirasi mau pun semangat yang di bawa untuk mendorong supaya daerah Kubu Raya pariwisata, seni pertunjukan, maupun budayanya semakin maju dan dikenal oleh para pariwisata, sehingga dapat memajukan ekonomi rumah tangga masyarakat di Kubu Raya.

"Intinya siapa pun yang melakukan termasuk BPD yang mewakili masyarakat itu justru punya rasa tanggung jawab yang tinggi untuk memperkuat hak ini. Setiap desa tetap menjaga solidaritas, untuk bisa sama sama belajar, mengembangkan, mencari jalan keluar dan saling memperkuat satu sama lain," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022