Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat (Pemprov Kalbar) memberikan sejumlah bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir di Kabupaten Sintang.

"Semakin meningkatnya curah hujan di Kalimantan Barat menyebabkan sejumlah wilayah terendam banjir, salah satunya Kabupaten Sintang. Terkait hal tersebut, sesuai arahan Pak Gubernur, kita diminta untuk sigap menyalurkan bantuan kepada masyarakat terdampak banjir," kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Kalimantan Barat, Heronimus Hero, di Pontianak, Sabtu.

Hero menjelaskan, pihaknya telah menyalurkan bantuan sebanyak 700 paket sembako berisi beras, minyak goreng kemasan, gula pasir, kopi bubuk, dan mie instan, diterima langsung oleh Bupati Sintang, Jarot Winarno, bersama Wakil Bupati Sintang, Melkianus, di halaman Pendopo Bupati Sintang.

Selain untuk membantu korban banjir, bantuan berupa bahan pangan tersebut juga sebagai upaya pengendalian inflasi di salah satu wilayah yang menjadi tolak ukur inflasi di Kalbar.

Sementara itu, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Barat, Muhammad Munsif, mengapresiasi gerak cepat Sinar Mas Agribusiness and Food yang mendukung pemerintah daerah dalam menanggulangi banjir di Kalimantan Barat.

"Sebagai pembina sektor perkebunan, kami memberikan apresiasi atas sigapnya perusahaan," tuturnya.

Mengantisipasi dampak banjir yang lebih buruk maupun bencana hidrometeorologi lain, BNPB mengimbau seluruh pihak untuk tetap waspada.

"Warga yang terdampak dapat menghubungi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) ataupun petugas gabungan saat membutuhkan evakuasi menuju pos pengungsian sementara," kata Munsif.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022