Bupati Kabupaten Kayong Utara, Citra Duani didampingi Kapolres Kabupaten Kayong Utara, AKBP Arief Hidayat meninjau langsung pelaksanaan pilkades serentak di beberapa lokasi Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Sukadana.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Citra juga melakukan pencoblosan di TPS 12 Desa Pangkalan Buton, yang kemudian dilanjutkan meninjau TPS 01 Dusun Sejahtera dan TPS 5 Desa Sutera. 

"Hari ini dilakukan pilkades serentak di 27 Desa, kita harus melaksanakan pilkades serentak ini secara demokratis, kemudian damai, serta PNS dan aparat terkait tetap menjaga netralitas selama tahapan-tahapan. Alhamdulillah sampai sekarang itu, aman, tertib dan lancar," ungkap Citra seusai melakukan pencoblosan, Minggu (16/10).

Selain itu, Citra juga berharap agar masyarakat Kabupaten Kayong Utara bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani.

"Khusus kepada para calon, yang menang jangan sombong dan untuk yang kalah jangan berduka cita, dan terpenting rapatkan barisan, tidak ada lagi yang iri dengki, tidak ada lagi dendam, yang menang ya merangkul, Pemimpin Desa harus mampu berpihak kepada masyarakat," jelas Citra.

Sementara itu, dalam memastikan keamanan dan kelancaran pilkades serentak tahun 2022, pemerintah daerah telah melaksanakan kampanye damai bersama calon kepala desa.

"Kita sudah mengadakan rapat, antara TNI, Polri, Pol PP, kemudian panitia pemilih, dan tokoh masyarakat, sudah menyatakan kesepakatan damai, sama cakades juga sudah sepakat untuk melaksanakan penandatanganan kesepakatan damai," papar Citra.

"Ya kalau seandainya ada masalah berarti dia melanggar kesepakatan, tapi sejauh ini berdasarkan laporan dari Kepolisian, Pak Kapolres pemantauan seluruh desa yang melaksanakan pilkades, aman dan terkendali," tambah Citra.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022