Ketua Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Wilayah Jawa Tengah Djoko Handojo menilai dokter masih menjadi wadah bagi masyarakat dalam menyampaikan keluhan berkaitan dengan permasalahan pelayanan kesehatan.

"Dokter berhadapan langsung dengan masyarakat, sehingga apa yang dikeluhkan disampaikan ke dokter," kata Djoko di Semarang, Minggu.

Menurut dia, masyarakat tidak berhadapan langsung dengan apoteker, manajemen rumah sakit atau yang menjamin pembiayaan kesehatan.

Baca juga: IDI diajak bersinergi tingkatkan indeks kebahagiaan masyarakat

Sementara, kata dia, sekecil apapun keluhan masyarakat harus didengar dan diperhatikan. Padahal, dokter sekarang tidak seperti zaman dahulu yang mengatur semuanya.

Ia menyebut saat ini dokter hanya memiliki tenaga, sementara untuk sarana dan prasarana harus dibantu oleh pemangku kepentingan yang lain.

Oleh karena itu, kata dia, diperlukan inovasi bersama para pemangku kepentingan di bidang kesehatan.

"Masyarakat menginginkan kalau bisa orang sakit cepat ditangani. Pemangku kepentingan beri pelayanan kesehatan cepat, tidak 'muter-muter', hasilnya baik," katanya.

Ia menambahkan berbagai evaluasi terhadap pelayanan kesehatan kepada masyarakat tersebut akan dibawa dalam forum peringatan Hari Dokter yang rencananya dipusatkan di Bandung, Jawa Barat, pada 24 Oktober 2022.


Baca juga: Pemda Kayong Utara gandeng IDI wujudkan transformasi di bidang kesehatan

Baca juga: Bupati Citra : IDI harus berikan pelayanan terbaik bagi masyarakat
 

Bupati Kayong Utara, Citra Duani terima audiensi Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Kabupaten Kayong Utara dalam rangka pelantikan pengurusan IDI Kabupaten Kayong Utara Tahun 2022-2025 yang akan dilaksanakan pada 3 September 2022,  Pondopo Bupati, Sukadana, Selasa (23/8/2022).

Untuk itu, Citra berharap sinergi pemerintah daerah bersama IDI Kayong Utara mampu untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

"Saya berharap IDI Kayong Utara dapat mendukung pemerintah daerah dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan ke arah yang lebih baik serta mewujudkan transformasi kesehatan," kata Citra.Baca selengkapnya: Sinergi Pemda dan IDI mampu dukung peningkatan pelayanan kesehatan

Pewarta: Immanuel Citra Senjaya

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022