Bupati Kabupaten  Kayong Utara (KKU)  Citra Duani meminta kepada  tim percepatan penurunan stunting memperhatikan perkembangan kesehatan di daerah kepulauan untuk menekan kasus gagal tumbuh anak di daerah tersebut.

“Warga di daerah  kepulauan  harus memiliki gizi yang cukup, sehingga anak - anak  terhindar dari stunting. Pertumbuhan mereka bisa  menjadi normal, hal itu dipengaruhi oleh gizi, dan gizi dipengaruhi dari sektor pendapatan keluarga,” kata  Citra Duani  di Sukadana, Senin.

Ia menuturkan, kesejahteraan masyarakat  sangat berpengaruh terhadap kondisi kesehatan sehingga pada saat melahirkan nantinya akan menghasilkan anak yang sehat dan terbebas dari stunting.

Menurut dia, penurunan stunting  bukan hanya tugas Dinas Kesehatan saja, akan tetapi juga banyak dinas yang lain, seperti pertanian di ketahanan pangan, dinas sosial untuk pembagian bantuan serta dinas-dinas yang lain.

Untuk kecamatan Kepulauan Karimata ini, kita harus meningkatkan kualitas sumber daya manusianya, yaitu aparatur sipil negara, mulai dari camat kemudian kepala desa, kepala dusun, perangkat desa sampai ke level RT.

"Mereka semua itu harus dipilih dari masyarakat, sehingga mereka benar-benar membangun desanya serta amanah dalam penggunaan anggaran desa,” ungkap Citra.

Apabila masyarakat dan pemerintah dapat bekerja sama, maka akan tercipta pengelolaan sumber daya manusia yang berkualitas dan dapat mengelola sumber daya alam dengan sebaik-baiknya.

“Sebenarnya sumber daya alam Kecamatan Kepulauan Karimata ini sangat kaya, hasil ikan, cumi, udang sangat melimpah, kita sudah kembangkan keramba-keramba untuk budi daya ikan,” jelasnya.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022