Pengurus DPD Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kalbar terus menjajaki kolaborasi untuk ikut berpartisipasi membangun sektor pariwisata dengan berbagai pihak mulai  dengan Dinas Kepemudaan, Olahraga Pariwisata Kalbar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kalbar hingga ke sejumlah perguruan tinggi di Pontianak.

"Sehubungan DPD Masata Kalbar juga baru dan sebelum dilantik kami mulai menjajaki kolaborasi apa yang bisa dilakukan untuk membangun sektor pariwisata di Kalbar," ujar Ketua DPD Masata Kalbar, Zulkifli di Pontianak, Jumat.

Baca juga: Semua pihak diajak untuk membangkitkan pariwisata nasional

Ia menjelaskan bahwa untuk membangun dan memaksimalkan potensi wisata tentu butuh para pihak. Pemerintah menurutnya tentu akan kesulitan tanpa dukungan dari berbagai elemen. Dengan potret hal tersebut menurutnya Masata siap untuk berkontribusi melalui program atau kegiatan untuk bersama pemerintah dan pihak lainnya memajukan pariwisata di Kalbar.

"Sebagaimana nama lembaga kami, tentu penting kita memberikan kesadaran kepada masyarakat bahwa pentingnya sektor pariwisata dan untuk itu semua harus sadar wisata," ucap dia.

Ia menambahkan bahwa sektor pariwisata akan memberikan dampak luas baik secara langsung maupun tidak langsung. Multi dampak tersebut baik dirasakan pelaku industri wisata maupun masyarakat di sekitar destinasi atau obyek wisata.

Baca juga: Dinas Pariwisata perkaya konsep kalender wisata

"Mulai dari sektor pertanian karena berkaitan kuliner dan oleh - oleh tentu butuh hasil pertanian. Sektor transportasi dan lainnya sangat penting di wisata, sektor perdagangan juga demikian dan ekonomi masyarakat lokal tentu sangat berdampak. Artinya semua akan bergerak apabila suatu wilayah wisatanya hidup," ucap dia.

Dengan segala kemampuan dan upaya, melalui anggota dan jaringan yang ada pihaknya siap bekerjasama dan berkolaborasi. Sehingga Kalbar yang kaya akan destinasi wisata mulai alam, budaya, ekowisata, atraksi dan lainnya bisa tergarap dan dikemas maksimal. 

"Kembali, kuncinya saat ini kolaborasi. Kami yakin dengan kolaborasi maka dalam hal apa pun termasuk wisata bisa maju," jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022