Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berharap para wisudawan atau alumni Universitas Tanjungpura (Untan) dapat mendongkrak angka indikator indeks pembangunan manusia (IPM) Kalbar.

"Saya juga berharap kedepannya para alumni wisudawan Untan dapat membantu Kalbar bisa keluar dari masalah masalah yang berkaitan dengan IPM khususnya di jenjang pendidikan," kata Gubernur Kalbar Sutarmidji saat menghadiri acara wisuda Untan, di Pontianak, Selasa.

Sutarmidji juga mengharapkan agar fakultas fakultas yang ada di Untan bisa bekerja sama dengan para kabupaten kota untuk meningkatkan IPM.

"Apa pun yang kita lakukan di provinsi, akan sangat sulit untuk mendongkrak IPM apabila kabupaten kota tidak melakukan segala sesuatunya berdasarkan indikator indikator yang harusnya dilakukan," tuturnya.

Selain itu, ia meminta kepada para alumni untuk terus membanggakan Untan, dengan cara memahami, dan mengetahui semua kebutuhan karakter wilayah, khususnya Untan dan Indonesia pada umumnya

"Apabila alumni mahasiswa Untan mengetahui tentang kebutuhan itu dan apa yang sedang dan yang akan dilakukan, maka saya yakin disiplin ilmu apapun yang dimiliki alumni bisa berkiprah dalam menyelesaikan masalah dan meningkatkan kebutuhan dari wilayah Kalbar," katanya.

Sutarmijdi juga selalu menekankan mengenai pentingnya kuasai data. Ia mengatakan para alumni harus paham tentang data data yang ada dan dibutuhkan di Kalbar supaya bisa berbuat untuk itu.

"Dari data kita bisa mengambil segala sesuatu untuk kajian dan melahirkan suatu pemikiran pemikiran yang inovatif. Apabila kita tidak menguasai data, maka kita tidak bisa memenangkan suatu kompetisi, serta meningkatkan prestasi, dan sebagainya. Data itu penting," kata Sutarmidji.

Kemudian, ia berharap kepada alumni agar dapat berperan dalam memajukan badan usaha milik desa (Bumdes) di wilayahnya masing masing untuk kemajuan Kalbar.

"Para alumni bisa berkiprah dalam Bumdes, dan ke depan Bumdes inilah yang akan mempengaruhi maju mundurnya dan cepat lambatnya perekonomian suatu daerah. Jadi penting untuk pahami wilayah asal saudara dan majukan Bumdesnya , Inysaallah Kalbar akan maju," tuturnya.

Baca juga: Untan wisuda 2.492 mahasiswa periode ke-2 tahun 2022

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022