Kapal Polisi Raja Udang VI-4002 Polairud Kepolisian Daerah Kalimantan Barat membantu memadamkan kebakaran pada KM Guna Sahari yang mengangkut cumi di perairan laut Kabupaten Kayong Utara, Kalbar.

"Selain memadamkan kebakaran yang dialami oleh KM pengangkut cumi, kami juga membantu evakuasi terhadap ABK (anak buah kapal) tersebut," kata Kabid Humas Polda Kalbar, Kombes (Pol) Raden Petit Wijaya di Pontianak, Minggu.

Dia menjelaskan, begitu pihaknya menerima laporan dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran pada KM Guna Sahari yang bermuatan cumi di Perairan Karimata, Kabupaten Kayong Utara, maka KP Raja Udang VI-4002 yang diawaki oleh Bripka Aswaludin selaku Komandan Kapal langsung mendatangi tempat dimana KM Guna Sahari terbakar.

"KM Guna Sahari mengalami kebakaran di barat Pulau Leman perairan Karimata, Kabupaten Kayong Utara," ujarnya.

Tidak ada korban jiwa dalam musibah kebakaran kapal KM tersebut, katanya.

"KM Guna Sahari tersebut di nakhodai oleh Selamet berserta 12 ABK lainnya berhasil diselamatkan," ujarnya.

Berdasarkan keterangan dari salah satu ABK bahwa sekitar pukul 06.00 WIB, ABK Indra Pramana melihat semburan api di dekat mesin belakang, selanjutnya menyambar selang BBM di dekat tangki penyimpanan minyak KM tersebut.

"Kemudian ABK tersebut membangunkan nakhoda dan seluruh ABK, setelah itu nakhoda memerintahkan ABK untuk berkumpul di haluan kapal dan memberi arahan untuk mengambil life jacket dan memakainya untuk menyelamatkan diri dengan cara menyeburkan diri ke laut," ujarnya.

Pewarta: Andilala

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022