Fakultas Kehutanan Universitas Tanjungpura (Fahutan Untan) Pontianak bersama PT Satria Multi Sukses (SMS) melakukan penandatanganan kerjasama yang kemudian dilanjutkan dengan rancangan implementasi ke dalam beberapa program.

"Kami menyambut baik kerjasama ini. Adapun program utama terkait program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), bantuan beasiswa, bantuan peralatan, Kolaborasi pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) dan pembinaan kepada masyarakat," ujar Dekan Fahutan, Dr. Farah Diba, S.Hut, M.Si saat penandatangan di Aula Rektorat Lantai 3 Untan Pontianak, Rabu.

Ia menjelaskan ke depan kolaborasi bersama mitra strategis Fahutan Untan Pontianak akan semakin ditingkatkan. Hal ini merupakan bentuk dari implementasi Tridharma Perguruan Tinggi yang terdiri atas pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. 

"Selain bentuk pengamalan Tridharma Perguruan Tinggi, Fahutan Untan Pontianak juga memiliki kewajiban untuk meningkatkan kualitas pendidikan, salah satunya adalah luaran lulusan yang memenuhi indikator kinerja utama (IKU), berupa IKU 1 lulusan mendapat pekerjaan yang layak, IKU 2 mahasiswa mendapat pengalaman di luar kampus, IKU 4 praktisi mengajar di dalam kampus, dan IKU 5 luaran dosen digunakan oleh masyarakat," ucapnya.

Hal senada juga disampaikan Rektor Untan Pontianak, Prof. Garuda Wiko, M.Si. Ia menyambut baik dan berterima kasih kepada pihak perusahaan sawit dari PT SMS yang telah menjalin kerjasama dan memberikan beasiswa kepada mahasiswanya.

"Kami sangat senang dan tentu menyambut baik akan hal ini. Tentu untuk membangun Untan Pontianak ini butuh peran dan andil semua pihak termasuk pihak swasta dari perkebunan kelapa sawit," ucap dia.

Sementara iut, General Manager PT SMS, Antonius mengatakan sebagai perusahaan perkebunan sawit di Kecamatan Mandor, Kecamatan Sebangki dan Kecamatan Sengah Temila, Kabupaten Landak sangat berkomitmen dalam menjalankan nilai - nilai pelestarian hutan dan lingkungan sosial. 

"Bentuk komitmen itu kami melibatkan Untan Pontianak untuk menggali potensi hutan yang bisa dimanfaatkan seperti madu kelulut, rotan bambu dan lainnya," ucap dia.

Selain itu, untuk pendidikan mereka juga konsentrasi dan sebagai bentuknya memberikan beasiswa Fakultas Kehutanan Untan Pontianak terutama yang berasal dari daerah sekitar kebun di Kabupaten Landak.

"Ada 10 mahasiswa hari ini secara simbolis kami berikan beasiswa. Beasiswa bagian dari kerjasama yang dibangun dengan Untan Pontianak ini. Harapan kami mereka bisa mengembangkan SDM dan ketika selesai bisa mengabdi untuk desa dengan bekal ilmu yang didapat di kampus," jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022