Pemerintah Kabupaten Landak, Provinsi Kalimantan Barat, memberikan pengadaan layanan air bersih kepada masyarakat Desa Lamoanak, Kecamatan Menjalin.

"Penyediaan layanan air bersih ini yang menjadi program andalan nasional pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas air minum yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat," kata Pj Bupati Landak Samuel, usai melakukan serah terima dan peresmian kegiatan program Penyediaan Air Minum Berbasis Masyarakat (PAMSIMAS) di Desa Lamoanak, Kecamatan Menjalin, Rabu.

Samuel menyampaikan PAMSIMAS telah menjadi salah satu program andalan nasional pemerintah dan pemerintah daerah untuk meningkatkan akses terhadap fasilitas air minum yang layak dengan pendekatan berbasis masyarakat.

"Di Kabupaten Landak sejak tahun 2014 sampai tahun 2022 desa sasaran PAMSIMAS sudah mencapai 115 desa yang tersebar di 13 kecamatan," tuturnya.

Lebih lanjut Samuel berharap keterlibatan langsung masyarakat salam proses pembangunan kegiatan ini dapat menumbuhkan rasa memiliki terhadap infrastruktur yang sudah terbangun sehingga masyarakat jugalah yang akan memelihara keberlanjutannya.

"Program PAMSIMAS Tahun 2022 yang dalam penyelenggaraan melibatkan pelaku di tingkat pusat, provinsi, kabupaten dan desa," kata Samuel.

Dirinya juga berharap hal ini dapat mendukung program pemerintah terutama yang berkaitan dengan intervensi penanganan stunting.

"Sebagian besar kegiatan PAMSIMAS ini melibatkan masyarakat dan diharapkan dapat menunjang capaian target 100 persen air minum dan sanitasi bagi seluruh masyarakat dan membangun kesadaran masyarakat akan pentingnya perilaku cuci tangan pakai sabun," katanya.

Tidak lupa Samuel berpesan agar sarana yang telah terbangun dapat dijaga dan dipelihara oleh masyarakat dan memberikan manfaat kepada khususnya di Desa Lamoanak ini.

"Pemerintah Daerah Kabupaten Landak ke depannya tetap berkomitmen untuk terus meningkatkan pelayanan melalui program strategis di sektor penyediaan air minum dan sanitasi," kata Samuel.
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022