Pemerintah Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat, meminta generasi muda berpikir jauh ke depan dalam mengisi kemerdekaan hasil perjuangan para pahlawan bangsa.

"Pemuda generasi digital saat ini jangan sampai kalah pemikirannya dengan para pahlawan kita. Jika para pahlawan kita mampu berpikir untuk mengorbankan jiwa dan raga demi kemerdekaan bangsa ini, maka kita sebagai generasi muda harus mampu berpikir lebih jauh agar mampu meneruskan cita-cita para pahlawan dalam mewujudkan kemerdekaan itu," kata Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan usai memimpin Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Kubu Raya, Kamis.

Muda menegaskan kemajuan teknologi saat ini harus menjadi modal lebih bagi generasi penerus bangsa ini dalam melakukan lompatan perkembangan zaman.

Dia mengingatkan pemuda tidak lagi berpikir untuk saling menyalahkan, namun harus mampu mengikuti persaingan dengan menunjukkan prestasi.

Baca juga: Muda Mahendrawan dapat penghargaan museum rekor Indonesia

Menurutnya, Indonesia sudah di kenal sejak dulu sebagai negara yang mempunyai sumber daya alam yang melimpah dan letak geografis yang strategis. Namun, tantangan terbesar yang dihadapi bangsa ini adalah kemampuan untuk mengelola sumber daya alam itu secara berkelanjutan.

"Untuk mewujudkan hal itu, dibutuhkan kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi serta semangat kewirausahaan yang kuat. Terlebih pada 20 tahun mendatang Indonesia akan memasuki bonus demografi, di mana akan terdapat lebih banyak tenaga kerja produktif yang bermanfaat untuk memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan," tuturnya.

Melalui momentum Peringatan Hari Pahlawan, kata Muda, semua pihak diajak memberikan kontribusi bagi bangsa dan negara sesuai kemampuan dan profesi masing-masing.

"Apakah manfaat kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan jika kita bukanlah tuan dan nyonya di negeri sendiri," katanya.

Melalui Peringatan Hari Pahlawan, ia juga mengajak untuk menjadikan nilai-nilai kepahlawanan sebagai inspirasi yang penuh dengan inovasi dan daya kreasi.

Baca juga: Sumpah Pemuda dalam keberagaman anugerah bangsa

"Setiap orang bisa menjadi pahlawan di bidang apapun dan bahkan bisa pula memulai dengan menjadi pahlawan bagi ekonomi keluarganya dan komunitasnya," kata Muda.

Sebagai bupati, dirinya berkomitmen untuk melanjutkan perjuangan para pahlawan dengan meningkatkan dan mendekatkan layanan dasar untuk masyarakat.

"Kita akan terus melakukan percepatan layanan di bidang pendidikan, kesehatan dan kesejahteraan masyarakat," tuturnya.

Baca juga: Bupati Muda Mahendrawan ajak pelajar melek tekonologi
 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022