Kepolisian Resor Kubu Raya, Kalimantan Barat melakukan koordinasi dengan seluruh pengurus gereja di kabupaten setempat untuk pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat (harkamtibmas) menjelang perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

"Rapat ini dilaksanakan oleh Polres Kubu Raya sebagai upaya untuk melakukan koordinasi dengan pihak Gereja selaku penyelenggara kegiatan ibadah Natal guna mengantisipasi gangguan kamtibmas selama pelaksanaan ibadah Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 yang akan datang," kata Kasubsi Penerangan Masyarakat Polres Kubu Raya Aipda Ade di Sungai Raya, Minggu.

Dia menjelaskan Polres Kubu Raya menyiagakan ratusan personel polisi untuk melakukan pengamanan gereja dalam rangka pelaksanaan ibadah Umat Kristiani saat menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: Kabupaten Landak Kalbar jual telur murah jelang perayaan Natal 2022

"Langkah ini diambil Polres Kubu Raya untuk memastikan ibadah berlangsung aman dalam pelaksanaannya, dan kami Polres Kubu Raya melakukan pengamanan terbuka dan tertutup hal ini bertujuan menciptakan situasi kamtibmas yang aman kondusif," katanya.

Selain mengamankan, personel Polres Kubu Raya juga akan melakukan sterilisasi gereja sebelum ibadah dilakukan untuk memastikan keamanan sebelum kegiatan gereja dimulai.

"Walaupun hari pelaksanaan Natal masih lama, namun umat Kristiani telah melakukan ibadah dalam penyambutannya dan kami selalu siaga mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan," kata Ade.

Baca juga: Warga Kota Pontianak jaga situasi kondusif jelang Natal

Baca juga: Bulog Kapuas Hulu pastikan stok beras aman hingga awal tahun 2023

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022