Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kalimantan Barat menggelar Festival West Kalimantan 2022 untuk mempromosikan produk-produk hasil kreativitas dari masyarakat, termasuk anak muda di Kalbar.

"Banyak sekali yang bisa menjadi daya tarik hasil kreativitas masyarakat tradisional maupun anak-anak muda Kalimantan Barat. Ini yang akan kita gencarkan dan promosikan," kata Gubernur Kalbar, Sutarmidji saat menghadiri acara pembukaan Festival West Kalimantan 2022 di Dekranasda Provinsi Kalbar di Pontianak, Senin.

Sutarmidji mengatakan, desainer-desainer yang ada di Kalbar tidak kalah dengan desainer nasional jika dipromosikan dilihat dari pameran fashion show yang ditampilkan saat pembukaan Festival West Kalimantan 2022 tersebut.

"Busana fashion show yang dipamerkan tadi itu ternyata bagus-bagus, dengan kombinasi antara hasil tenun tradisional yang dibalut dengan modern, itu yang luar biasa saya lihat tadi. Tinggal bagaimana model promosinya, kalau model promosinya benar itu akan menjadi daya tarik," tuturnya.

Dia mengatakan, pembangunan gedung Dekranasda Provinsi saat ini sedikit lagi akan selesai. Tinggal melakukan penataan kemudian nanti akan diresmikan dan dapat menjadi ajang promosi untuk kreatifitas dari kerajinan UMKM Seluruh Kalbar.

Selain itu, ia berharap setelah peresmian Dekranasda Provinsi tersebut, dapat menjadi ruang-ruang untuk pameran semua produk-produk daerah se Kalimantan Barat.

"Saya berharap setelah peresmian Dekranasda ini dapat menjadi ruang-ruang untuk menampilkan kreativitas produk UMKM yang ada di Kalbar. Kemudian kita akan tampilkan inovasi-inovasi terbaru, seperti di hari ulang tahun kota, provinsi dan lain sebagainya," tuturnya.

Sementara itu, di tempat yang sama, Ketua Dekranasda sekaligus Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat, Lismaryani mengatakan bahwa dirinya akan selalu mendukung seluruh Ketua Dekranasda kabupaten/kota untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di Kalbar.

"Saya sebagai Ketua Dekranasda Provinsi Kalimantan Barat saling mendukung ketua Dekranasda kabupaten/kota untuk mempromosikan produk-produk unggulan yang ada di Kalbar terutama di kabupaten masing-masing," kata Lismaryani.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kepemudaan, Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Provinsi Kalimantan Barat, Windy Prihastari mengatakan, West Kalimantan 2022 ini merupakan dalam rangka mempromosikan baik di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif bersama tim penggerak PKK Provinsi Kalimantan Barat.

"Kita akan melakukan promosi-promosi untuk pariwisata dan ekonomi kreatif dengan berbagai macam event-event, salah satunya adalah event ini," kata Windy.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus bersinergi dan berkolaborasi bersama mitra-mitra dari pemerintah provinsi Kalimantan Barat.

"Saya berterima kasih kepada Ketua Tim Penggerak PKK bersama Pemprov Kalbar untuk mempromosikan ekonomi kreatif dan pariwisata di Kalbar. Mudahan ke depan kita melaksanakan event yang lebih besar lagi," kata Windy.

Pewarta: Rendra Oxtora dan Sucia Lucinda

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022