RSUD Abdul Aziz Singkawang, Kalimantan Barat, berhasil meraih akreditasi paripurna bintang lima dari lembaga Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

"Sebelumnya kami juga pernah mendapatkan akreditasi paripurna yang kedua. Namun pada akreditasi yang ketiga, bintang kita turun menjadi bintang empat. Alhamdulilah, untuk tahun 2022 ini kembali kita raih paripurna bintang lima," kata Direktur RSUD Abdul Aziz Singkawang, Achmad Hardin di Singkawang, Senin .

Menurutnya, lembaga yang digunakan untuk memberikan penilaian akreditasi RSUD Abdul Aziz Singkawang yaitu Komite Akreditasi Rumah Sakit (KARS).

"Saat ini lembaga akreditasi di Indonesia sudah ada 6 lembaga. Tapi kita tetap memilih lembaga KARS sebagai mitra kita dalam penilaian akreditasi," ujarnya.

Beberapa indikator yang menjadi penilaian akreditasi adalah area manajemen, pelayanan medis dan keperawatan.

"Dengan adanya penilaian akreditasi kami bisa menjaga mutu dan keselamatan baik petugas maupun pasien," ungkapnya.

Menurut dia, hal tersebut harus menjadi tanggung jawab pihak RSUD Abdul Aziz Singkawang dalam hal melayani pasien yang berobat ke rumah sakit untuk bisa mendapatkan pelayanan rumah sakit yang baik, memuaskan dan  bermutu.

Tak lupa Hardin mengucapkan terima kasih kepada Pemkot Singkawang, dewan pengawas dan keluarga besar RSUD Abdul.Aziz Singkawang yang sudah bersemangat dan solid dalam kebersamaan bisa menyukseskan penyelenggaraan akreditasi ini.

"Akreditasi ini akan terus dilakukan dalam empat tahun sekali dan semoga RSUD Abdul Aziz Singkawang bisa terus mempertahankan peringkatnya. Untuk mewujudkan itu, tentunya harus menjadi komitmen bersama," harapnya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022