Kepala Kantor Pertolongan dan Pencarian atau Search and Rescue (SAR) Pontianak Yopi Haryadi mengatakan tim SAR gabungan saat ini berhasil melakukan intercept dengan KM. Bintang Jaya 2 untuk menyelamatkan korban kapal motor tenggelam di Gosong Jalai perairan Karimata. 

“Ada 13 orang korban berhasil di selamatkan dan tiga orang lagi masih dalam pencarian oleh Tim SAR gabungan. Para korban kemudian dibawa menuju Kuala Jelai untuk mendapatkan perawatan,” kata Yopi di Pontianak, Selasa.

Yopi mengatakan, sebelumnya Sandi Nayoan (26) seorang laki-laki satu diantara kru KM. KY. 02 yang tenggelam di Gosong Jelai perairan Karimata berhasil diselamatkan, Sandi diselamatkan oleh kapal yang melintas.

"Satu orang korban telah diselamatkan oleh kapal Bintang Jaya 2 saat itu kapal tengah melintas dan menyelamatkan korban yang terapung-apung,” ujar Yopi Haryadi.

Ikuti Survei Kesadaran Merek ANTARA: Klik di sini

Yopi menambahkan saat ini tim rescue telah melakukan intercept terhadap korban. Awalnya korban berjumlah 15 orang kemudian mendapat tambahan satu korban lainnya.

"Awal mula manifest kapal berjumlah 15 orang namun setelah dilakukan penyebaran informasi kami mendapatkan laporan bahwa Bagas Ramadhani juga turut menjadi penumpang kapal tersebut sehingga jumlah korban bertambah menjadi 16 orang," tambahnya.

Yopi menginformasikan, KM. KY 02 sebelumnya diketahui tenggelam di perairan Gosong Jelai, perairan Karimata pada Jumat (23/12). Kapal tersebut di ketahui bermuatan semen dengan rute gresik-kendawangan, kemudian tenggelam setelah dihantam cuaca buruk yang menyebabkan kapal oleng dan tenggelam.

16 awak kapal menjadi korban dalam peristiwa ini. Beruntung 13 awak kapal berhasil lebih dulu diselamatkan oleh TB. Maximus 710. Korban selamat dibawa menuju pelabuhan Kumai Kalimantan Tengah. Sedangkan tiga korban hilang lainnya masih dalam pencarian tim SAR gabungan.

 

Berikut korban yang selamat :

 

1. Andri Tri Widodo     : Nakhoda

2. Bayun Widiatmoko : Mualim I

3. Abdullah                   : KKM

4. A.Imam Nudin         : Masinis I

5. Rizal Okta B. S         : Masinis II

6. Risan Yulianto         : Bosun

7. Wawan Siswanto   : Jurumudi I

8. Dyan Pramana P    : Jurumudi II

9. Anggi Nur Irfan       : Jurumudi III

10. Bastian Yuli A       : Oliman I

11. Tri Nur Afni            : Oliman II

12. Rixcy Reza A         : Operator

13.Sandi Nayoan P      : Mualim II

 

Korban yang masih dalam pencarian :

 

1. Bagas Ramadani       : Penumpang

2. Ariq Fakhrudin R      : Oliman II

3. Asyani                       : Koki

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Andilala


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022