Kapolres Kayong Utara AKBP Arief Hidayat mengatakan gangguan kamtibmas di daerah itu pada tahun 2022 meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

Dalam penjelasannya Kapolres memaparkan sejumlah data terkait perbandingan secara umum terkait gangguan kamtibmas yang terjadi sepanjang tahun 2021 dan 2022.

Sepanjang tahun 2022 menurut Kapolres  hampir di setiap kategori gangguan kamtibmas seperti konvensional dan kejahatan trans nasional di daerah itu mengalami peningkatan dari tahun 2021 yang dimana peningkatan tersebut juga diimbangi dengan jumlah penyelesaian kasus.

Pada tahun 2021 untuk Satreskrim terdapat 56 kasus  selesai 47 kasus, sedangkan di tahun 2022  terdapat 77 kasus dan selesai 59  kasus. 

Sedangkan Satresnarkoba pada tahun 2022 target 18 kasus dan ungkap 14 kasus, penyelesaian tahap dua sebanyak 13 kasus dan restorasi justisia sebanyak satu kasus dan dalam proses penyidikan ada empat kasus.

Sedangkan data kasus kecelakaan lalu lintas di tahun 2021 sebanyak sembilan kasus, Meninggal dunia dua orang dan luka berat delapan orang sedangkan luka ringan 11 orang dengan kerugian materi seluruhnya sebanyak Rp20.000.000.

 Sedangkan di tahun 2022 sebanyak 10 Kasus laka lantas meninggal dunia empat orang dan luka berat enam orang serta luka ringan sebanyak enam orang kerugian materi sebesar Rp27.500.000.

“Dari kejahatan konvensional seperti curat, curas, curanmor, pembunuhan, KDRT dan beberapa kasus lainnya hingga kejahatan trans nasional mulai dari peredaran narkotika terdapat peningkatan kasus yang diikuti dengan peningkatan jumlah penyelesaian oleh Polres Kayong Utara” ungkap Kapolres.

Lebih lanjut pada gangguan Kamseltibcarlantas terdapat peningkatan jumlah kecelakaan lalu lintas dibanding tahun sebelumnya, hal ini sejalan dengan jumlah korban meninggal dunia serta luka berat yang juga turut mengalami kenaikan.

Adapun data pelanggaran lalu lintas jumlah tilang mengalami penurunan sedangkan teguran simpatik mengalami peningkatan drastis.

Diungkapkan Arief  secara umum situasi wilayah Kabupaten Kayong Utara  sepanjang tahun 2022 berlangsung kondusif, terlebih ragam upaya yang dikerahkan Polres Kayong Utara guna mewujudkan Kamtibmas yang kondusif salah satunya lewat nomor handphone Kapolres Kayong Utara serta jajaran Kapolsek sehingga pelayanan kepada masyarakat berjalan dengan lebih optimal.

"Mengevaluasi kinerja khususnya Polres  Kayong Utara tentunya kami akan terus berbenah sehingga dapat memaksimalkan kinerja seluruh jajaran agar kedepannya sebagai pelindung, pengayom dan pelayanan dapat berjalan dengan lebih optimal," katanya.

Pewarta: Rizal Komaruddin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2022