Bupati Kapuas Hulu Kalimantan Barat Fransiskus Diaan mengatakan kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) bisa menjadi ajang melatih mental dan bakat generasi muda.

"O2SN wadah bagi pelajar untuk menyalurkan bakat dan kemampuan mengekspresikan diri di bidang prestasi," kata Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Minggu.

Untuk diketahui, Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan membuka langsung O2SN tingkat Sekolah Dasar, yang diikuti 632 pelajar di Kecamatan Hulu Gurung wilayah setempat, Sabtu (14/1).

Disampaikan Fransiskus, melalui kegiatan O2SN juga melatih mental dan jiwa sportivitas generasi penerus bangsa.

Menurutnya, siswa dan siswa tingkat SD tersebut perlu terus mendapatkan pembinaan dan pendamping dalam menyalurkan bakat serta kemampuan di bidang olahraga dan seni.

"Kami sangat mengapresiasi kegiatan O2SN tersebut, Pemkab Kapuas Hulu selalu mendukung untuk menggali bakat dan prestasi generasi muda," katanya menambahkan.

Dia pun berpesan agar kegiatan O2SN dapat berjalan aman dan lancar penuh sportivitas serta mendatangkan manfaat positif dan motivasi bagi generasi penerus bangsa.

Kepada wasit dan juri, Fransiskus berpesan untuk profesional dan bijaksana dalam memutuskan suatu pertandingan atau pun perlombaan.

"Junjung tinggi sportivitas, karena melalui ajang O2SN itu dapat melatih mental dan jiwa bertanding anak-anak kita, wasit dan juri profesional dan netral dalam memimpin pertandingan," pesan Fransiskus.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023