Mengawali tahun 2023, PT Cita Mineral Investindo (CMI) Tbk melalui program Corporate Social Responsibility (CSR) menyalurkan bantuan untuk bidang kesehatan dan pendidikan kepada 117 siswa dari kelas 1 hingga kelas 6 Sekolah Dasar Negeri (SDN) 11 di Kecamatan Air Upas, Ketapang, Kalimantan Barat. 

"Dalam kegiatan program CSR ini kami dari PT CMI Tbk melaksanakan kegiatan kesehatan berupa pelatihan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan (Pemberian Makanan Tambahan (PMT) untuk siswa SDN 11 Air Upas.  Kegiatan tersebut sebagai bentuk komitmen perusahaan dalam mengupayakan peningkatan kesadaran kesehatan di lingkungan sekolah," kata Manager CSR CMI Site Air Upas, Agustinus Mulyatmojo melalui keterangan tertulisnya, Sabtu.

Kegiatan itu ujar Agustinus, telah digelar pada hari Rabu, 18 Januari 2023 bekerjasama dengan SDN 11 Air Upas, tenaga kesehatan Puskesmas dan Pemerintah Desa Banda Sari.

"Kegiatan ini diawali dengan pemberian materi mengenai tata cara cuci tangan serta proses menggosok gigi yang baik dan benar, dilanjutkan praktek langsung oleh tiap peserta di halaman sekolah. Kemudian kegiatan ditutup dengan pemberian makanan tambahan berupa susu UHT, dan biskuit bagi seluruh siswa SDN 11 Air Upas," ujarnya.

Menurut Agustinus, kegiatan PHBS dan PMT ini sebagai pondasi awal dalam menumbuhkan kesadaran akan pentingnya pola hidup sehat dan bergizi sejak dini bagi generasi muda di Kecamatan Air Upas. 

“Program pelatihan PHBS dan PMT yang telah dilaksanakan merupakan langkah nyata dalam menumbuhkan kesadaran bagi generasi muda akan pentingnya pola hidup sehat sejak dini,” ujarnya.

Dijelaskannya, PT CMI Tbk pada tahun 2023 ini akan meningkatkan program bantuan kesehatan dengan menyasar ke sumber daya manusia yang berada di sekitar wilayah operasional, khususnya bagi anak di tingkat PAUD sampai SMA. Sehingga kebermanfaatan program dapat semakin dirasakan bagi seluruh tingkatan pelajar di Kecamatan Air Upas, Marau, dan Kendawangan.

Pada hari yang sama selain kegiatan di bidang kesehatan, CMI juga menggelar kegiatan di bidang pendidikan yaitu menyerahkan beasiswa kepada siswa berprestasi yaitu dari kelas IV hingga Kelas VI sebanyak sembilan siswa-siswi SDN 11 Air Upas. Pemberian beasiswa prestasi ini juga merupakan salah satu program CSR CMI untuk mewujudkan dan memajukan pendidikan.

“Pemberian beasiswa ini merupakan bentuk kepedulian CMI terhadap siswa berprestasi dan bertujuan mencerdaskan anak bangsa. Dengan, adanya beasiswa ini, siswa berprestasi dapat termotivasi untuk dapat mempertahankan prestasi ini bahkan kalau bisa meningkatkan prestasi yang sudah didapat dan juga dapat memotivasi siswa yang lain untuk dapat berprestasi juga,” ucap Agustinus. 

Agustinus menyatakan, manajemen perusahaan akan terus bersinergi dengan masyarakat yang ada di sekitar perusahaan untuk memajukan pendidikan.

Ia menambahkan, pemberian beasiswa ini merupakan agenda perusahaan melalui program CSR sebagai wujud kepedulian kita terhadap perkembangan dunia pendidikan khususnya untuk siswa di sekitar perusahaan.

“Kami dari perusahaan juga akan selalu bersinergi membangun hubungan dengan masyarakat dalam mewujudkan masyarakat sejahtera di sekitar perusahaan CMI,” kata Agustinus.

Sementara itu, Kepala Desa Banda Sari Bruno Babo Kepala Desa Banda Sari tempat SDN 11 itu berada juga mengucapkan terimakasih kepada CMI atas terlaksananya kegiatan CSR pelatihan PHBS dan PMT bagi pelajar SDN 11 Air Upas. 

“Kami selaku pemerintah desa tentu merasa senang dan mengucapkan terimakasih kepada CMI atas terselenggara nya kegiatan positif ini, serta sebagai bentuk kolaborasi yang patut di contoh karena pihak perusahaan masih peduli kepada generasi muda Kecamatan Air Upas khususnya di Desa Banda Sari,” ujar Bruno.

Tak mau ketinggalan, Kepala sekolah SDN 11 Air Upas, Emirensiana Wea, S.Pd.SD juga mengucapkan terima kasih kepada perusahaan telah memberikan beasiswa kepada siswa-siswi nya.

“Semoga siswa-siswi kami termotivasi untuk terus berprestasi dan memotivasi siswa lain untuk lebih berprestasi lagi,”  pungkas Emirensiana.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023