Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji meminta pemerintah daerah dapat bersinergi bersama PT. Sucofindo agar mampu meningkatkan produktivitas pertanian di Kalbar.

"Ini peran Sucofindo supaya negara kita tidak dirugikan, kita harus mengetahui kualitas bibit dan pupuk. Ke depan kita harus kerja sama antara pemerintah daerah dan PT. Sucofindo supaya produktivitas pertanian dan sawit meningkat," kata Sutarmidji saat menghadiri peresmian gedung dan laboratorium PT. Sucofindo Cabang Pontianak yang berlokasi di Jalan Arteri Supadio, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu Raya, Rabu.

Pada kesempatan itum Sutarmidji mengapresiasi kinerja PT. Sucofindo di mana termasuk BUMN paling banyak ruang lingkup dari segi pekerjaan dan tugas.

"Banyak sekali pekerjaan di Sucofindo dan dipastikan banyak orang ahli disini. Bahkan untuk uji kualitas atau mutu tertentu tidak ada tersedia di laboratorium swasta selain di PT. Sucofindo. Salah satunya kita butuh mutu beton K-500 ternyata hanya di sini yang bisa," tuturnya.

Usai memberikan sambutan, Gubernur bersama Direktur Utama PT. Sucofindo beserta tamu undangan  meninjau gedung serta laboratorium PT. Sucofindo.

Menurut Sutarmidji, keberadaan laboratorium ini  untuk mendekatkan perolehan sumber bahan baku yang ada di Kalbar,  sehingga mendapatkan analisa yang cepat, tepat, akurat serta efisiensi waktu/biaya dari perusahaan.

Di tempat yang sama,  Bupati Kubu Raya Muda Mahendrawan optimis dengan berdirinya Kantor PT Sucofindo dan laboratoriumnya akan menjadi representatif dan sangat strategis, sehingga akses untuk para pelanggan lebih mudah dan perekonomian naik kelas.

Muda menuturkan semua UMKM-nya juga bisa naik kelas, karena standar kualitasnya lebih baik. Misalnya produk-produk UMKM semakin banyak.

"Bukan hanya makanan, tapi juga dari produk-produk lainnya yang juga akan segala sesuatunya lebih muda di dapat, terutama kualitas produknya," kata Muda.

Dia menyampaikan di era sekarang sudah menentukan standar, termasuk produk pertanian, perkebunan, seperti juga kebun-kebun lainnya akan memberikan dampak luas.

"Karena nanti yang akan terdampak adalah para pelaku usaha semuanya juga dengan standar yang lebih baik, kinerja yang lebih baik dan integritas lebih baik. Ini akan memberikan dampak langsung pertumbuhan ekonominya dan agregatnya dan saya yakin akan meningkat bagi Indonesia," kata Muda.

Sementara itu, Direktur Utama PT Sucofindo, Mas Wigrantoro Roes Setiyadi  sebagai BUMN, selain menjadi pelaku ekonomi dan bisnis juga menjalankan peran penting yaitu sosial. Tak hanya itu, untuk kelengkapan dari pada laboratorium yang dimiliki PT Sucofindo Cabang Pontianak ini cukup lengkap.

"Karena bisnis kami ini tidak lepas dari keberadaan laboratorium, tentu yang kami harapkan laboratorium ini mampu memenuhi kebutuhan, terutama kekuatan di Kota Pontianak ini kan terdapat tambang mineral bauksit, batubara, kemudian adanya komoditas pertanian seperti kelapa sawit, perikanan dan sebagainya," katanya.

Di tempat sama Kepala Cabang PT Sucofindo Kota Pontianak, Paolo Manurung mengatakan, kantor tersebut satu laboratorium terlengkap untuk pengujian alumina (hasil dari ekstrasi/pengolahan bauksit).

"Kita sudah bisa melakukan pengujian kualitas dengan parameter yang lengkap seperti uji komposisi kimia, parameter specific surface area, alpha-phase alumina, relative density, particle size analysis, loss on ignition, flowability, angle of repose dan lain lain," kata Paolo.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023