Bagian Kemahasiswaan IKIP PGRI Pontianak menghadirkan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) untuk pengurus organisasi kemahasiswaan (ORMAWA) untuk meningkatkan kapasitas terkait kelembagaan tersebut.

"Bimtek ini merupakan kegiatan pembinaan dari lembaga kepada Ormawa, khususnya DPM, BEM dan UKM yang pengurusnya mengalami pergantian setiap tahun,"ujar Wakil Rektor 1 IKIP PGRI Pontianak, Bapak Dr Aunurrohman, M.Pd,

Dalam bimtek yang diikuti oleh para pengurus DPM, BEM dan UKM ini mendapatkan materi tentang kode etik, manajemen organisasi, Standar Opersional Prosedur (SOP), leadership, administrasi surat menyurat, proposal dan laporan pertanggungjawaban (lpj), hingga sosialisasi pengisian laporan ormawa pada aplikasi Sijaga.
 
Kabag Kemahasiswaan IKIP PGRI Pontianak, Tri Mega Ralasari M.PD bertujuan agar setiap Ormawa dapat melaksanakan kegiatannya dengan baik, terutama dalam hal perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan. 

“Kegiatan yang baik dimulai dari perencanaan yang matang, kemudian pelaksanaan sesuai rencana, dan diakhiri dengan penyusunan laporan yang akuntabel sehingga dapat dievaluasi untuk perbaikan ke depannya” jelas dia. 

Ada pun pada hari pertama, (3/4/2023), kegiatan bimtek dilaksanakan dengan 2 sesi materi yaitu kode etik dan manajemen organisasi. Materi Kode etik itu sendiri disampaikan secara langsung oleh Warek I IKIP PGRI Pontaianak, Bapak Dr. Aunurrahman, M.Pd. Sedangkan untuk materi manajeman organisasi disampaikan oleh Kabag Kemahasiswaan, Tri Mega Ralasari, M.Pd. 

Di hari kedua, (4/2/2023), kegiatan dilaksanakan di Meeting Room 1 selasar IKIP PGRI Pontianak. Pada sesi hari kedua ini, peserta mendapatkan materi tentang Leadership, Standar Operasional Prosedur (SOP), administrasi dan surat menyurat serta sosialisasi aplikasi SIJAGA, yang semuanya disampaikan oleh tim Bagian Kemahasiswaan IKIP PGRI Pontianak.

Selanjutnya setiap peserta diminta untuk memberikan tanggapan, saran, masukan ataupun pertanyaan seputar materi yang sudah disampaikan serta dapat menyampaikan berbagai usulan untuk perbaikan kegiatan di lingkungan kampus. 


 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023