Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat telah memiliki 282 orang petugas Pengawasan Pemilihan Umum Kelurahan Desa (PPKD) yang tersebar di wilayah Kapuas Hulu untuk menghadapi Pemilu 2024.

"Sebanyak 282 PPKD itu sudah kami lantik dan bisa langsung bekerja untuk mengawasi tahapan Pemilu 2024 termasuk verifikasi faktual calon Dewan Perwakilan Daerah (DPD)," kata Ketua Bawaslu Kapuas Hulu Musta'an, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Musta'an, sebanyak 282 PPKD itu juga telah mengikuti bimbingan teknis m, sebab setelah dilantik mereka (PPKD) sudah harus melaksanakan tugas pengawasan.

Menurutnya, penekanan terhadap PPKD yaitu harus menjaga integritas dan netralitas dalam pelaksanaan Pemilu Tahun 2024.

"Kami berharap pengawas di tingkat desa dan kelurahan bisa lebih maksimal karena dalam waktu dekat menghadapi tahapan verifikasi faktual dan coklit," katanya.

Terkait pelantikan yang telah dilaksanakan, kata Musta'an dilakukan di tujuh zona, untuk Kecamatan Putussibau Utara, Putussibau Selatan, Bika dan Kalis dilantik di Gedung MABM Putussibau Selatan.

Sedangkan, untuk PPKD Kecamatan Mentebah, Bunut Hulu dan Boyan Tanjuk dilantik di Aula Kantor Camat Bunut Hulu, Kecamatan Bunut Hulu.

Labih lanjut Musta'an mengatakan, untuk Kecamatan Pengkadan, Jongkong dan Hulu Gurung dilantik di  gedung serbaguna Desa Martadana,  Kecamatan Pengkadan. Sedangkan untuk PPKD Kecamatan Selimbau, Suhaid, Semitau dan Seberuang dilantik di gedung serbaguna Desa Semitau Hulu Kecamatan Semitau.

Sementara itu untuk PPKD Kecamatan Embaloh Hulu, Batang Lupar, Badau, Empanang dan Puring Kecana dilantik di gedung serbaguna Desa Sebindang Kecamatan Badau.

Selanjutnya, PPKD Kecamatan Silat Hilir dan Silat Hulu dilantik di Gedung serbaguna Desa Miau Merah Kecamatan Silat Hilir, dan untuk PPKD Kecamatan Bunut Hilir dan Embaloh Hilir dilantik di gedung majlis adat Bunut Hilir Kecamatan Bunut Hilir.

Diketahui, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki 278 desa dan 4 (empat) kelurahan yang tersebar di 23 kecamatan.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023