Pemerintah Kabupaten Kayong Utara terus melakukan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat, salah satunya diwujudkan melalui sinergi dengan perusahaan yang ada di Kabupaten Kayong Utara untuk membantu masyarakat dalam pembangunan sanitasi yang baik guna percepatan penurunan angka stunting.
 
"Hari ini saya mewakili pemerintah Kayong Utara dan masyarakat telah menerima toren air atau bak penampung air dari manajemen PT CUS dan Jalin Vanio melalui Grup Artha Graha peduli, yang mana ini atas usulan pemerintah daerah dalam rangka dan upaya untuk membantu masyarakat kita dalam penurunan angka stunting. Penyebab stunting salah satunya rumah-rumah tidak ada bak penampung air atau sanitasi yang baik," kata Bupati Citra Duani di Sukadana, Rabu.
 
Selain itu juga, untuk menciptkan masyarakat sehat pemda Kayong Utara selain menyiapkan BPJS kesehatan gratia bagi warganya juga menyiapkan MCK bagi warga yang kurang mampu.
 
"Kita juga mengupayakan untuk pembangunan wc atau Septic tank dibeberapa daerah dan saluran air dari rumah ke rumah, serta dengan bantuan ini, setidaknya di musim kemarau masyarakat bisa menampung air," tambah Bupati Citra.
 
Selain itu, dalam mengatasi suplai air bersih di musim kemarau, Bupati Citra juga mengatakan, upaya yang terus dilakukan dengan pembangunan toren air berkapasitas besar dibeberapa wilayah.
 
"Untuk toren air yang 5 ribu liter kita juga ada dibantu, memang kita harus memerlukan beberapa toren besar supaya dibeberapa titik ada bak penampung untuk suplai air bersih di musim kemarau," ungkap Bupati Citra.
 
"Kami selaku pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada general manager PT CUS dan Jalin Vanio melalui Artha Graha peduli yang telah meringankan beban pemerintah daerah dalam rangka membantu masyarakat yang kurang mampu," ujar Bupati Citra.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023