Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Sambas, Kalimantan Barat menyatakan siap berkolaborasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sambas untuk menyukseskan Pemilu 2024.

"Hal ini juga menindak lanjuti surat pemberitahuan dari Pengurus Besar HMI Nomor: 657/A/Sek/3/1444 untuk mendaftar ke Bawaslu wilayah setempat, yang sebelumnya PB HMI telah terakreditasi sebagai lembaga pemantau pemilu oleh Bawaslu Republik Indonesia," ujar Ketua Bidang Perguruan Tinggi, Kemahasiswaan, dan Pemuda (PTKP) HMI Sambas, Riki Humaidi saat dihubungi di Pontianak, Selasa.

Riki Humaidi menyampaikan bahwa kolaborasi dari semua pihak sangat dibutuhkan, terlebih HMI sebagai organisasi kepemudaan yang memiliki basis masa yang sangat masif akan sangat membantu dalam mendukung setiap program dan kegiatan Bawaslu Kabupaten Sambas.

"Ruang-ruang untuk berkolaborasi sangat banyak dan terbuka lebar seperti dengan mendaftarkan diri sebagai lembaga pemantau, melakukan kerja sama berupa nota kesepahaman (MoU), memberikan informasi awal adanya dugaan pelanggaran pemilu kepada Bawaslu Kabupaten Sambas atau ikut serta dalam proses sosialisasi dan edukasi," jelas dia.

Riki Humaidi berharap bahwa HMI Cabang Sambas dapat menjadi mitra Bawaslu Kabupaten Sambas dalam melakukan upaya pencegahan dan aktivitas pengawasan, sehingga dapat tercipta pemilihan yang bersih, aman, damai dan menghadirkan pemimpin berkompeten sesuai dengan yang menjadi harapan kita bersama.

"Kami siap menyukseskan Pemilu 2024. Suksesnya pemilu tidak terlepas peran dari semua pihak," kata dia.

 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023