Bupati Sambas, Kalimantan Barat, Satono, mengatakan kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke-31 tingkat Kecamatan Pemangkat bukan hanya sekedar lomba namun bagaimana bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan.

"Perlu digarisbawahi bahwa perhelatan MTQ bukan sekedar perlombaan mencari juara, tapi lebih kepada bagaimana kita meningkat kualitas keimanan masyarakat, menjaring bibit-bibit pembaca Al-Quran berbakat," ujarnya saat dihubungi di Sambas, Kamis.

Ia menjelaskan dalam perhelatan MTQ masing-masing desa di Pemangkat mengutus kafilahnya dan diharapkan dapat memaksimalkan potensi diri.

Baca juga: Satono apresiasi Kafilah MTQ Sambas raih peringkat lima besar

"Ada delapan desa yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan MTQ Ke-31 Kecamatan Pemangkat tersebut. Nantinya akan diperoleh juara dari masing-masing kafilah dan melaju ke MTQ tingkat kabupaten," jelas dia.

Dalam kesempatan itu Bupati Sambas juga menyerahkan bantuan uang tunai kepada penyelenggara MTQ guna mendukung kegiatan tersebut sehingga berjalan lancar.

Selain itu Bupati Sambas juga secara simbolis menyerahkan beras dari dana non-APBD atau dari sahabat Satono yang diberikan kepada masyarakat kurang mampu.

"Setiap melakukan kunjungan ke desa-desa yang ada di Kabupaten Sambas selalu memberikan bantuan beras kepada masyarakat kurang mampu. Jumlahnya bervariasi, ada yang 1 ton, kurang dari itu, bahkan kebanyakan lebih. Saya harap bantuan yang diberikan itu mampu meringankan beban mereka yang membutuhkan. Khusus kepada masyarakat kurang mampu di desa-desa, sebagai bentuk perhatian saya kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Satono sebut MTQ kembalikan kejayaan setiap anak bisa baca Quran

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023