Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 19/Trk Bogani memperbaiki jalan rusak dan memberikan pengobatan gratis untuk masyarakat di Kampung Gunung Pentik, Desa Sei Seria, Kecamatan Ketungau Hulu, perbatasan Indonesia-Malaysia, di Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat.

"Perbaikan jalan dan layanan kesehatan gratis kepada warga sebagai wujud kepedulian prajurit TNI membantu kesulitan masyarakat di perbatasan," kata Komandan Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani Letkol Arm Edi Yulian Budiargo dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Jumat.

Edi mengatakan perbaikan jalan rusak itu dilaksanakan oleh prajurit Yonarmed 19/105 Trk Bogani di Pos Sei Beruang dan Pos Batu Balai bersama dengan warga di Kampung Gunung Pentik.

Menurutnya, kondisi jalan yang rusak dan hampir tertutup semak belukar merupakan akses penghubung untuk menuju Kampung Gunung Pentik, di Desa Sei Seria.

"Jalan itu rusak dan hampir tertutup semak sehingga kami kerahkan prajurit untuk membantu masyarakat agar masyarakat tidak lagi kesulitan melintasi jalan tersebut," katanya.
 
Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonarmed 19/105 Trk Bogani melakukan perbaikan jalan rusak dan memberikan pelayanan kesehatan gratis untuk warga Kampung Gunung Pentik Desa Sei Seria, Kecamatan Ketungau Hulu perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Sintang Provinsi Kalimantan Barat, Jumat (17/2/2023). ANTARA/HO-Yonarmed Trk Bogani (Teofilusianto Timotius)
 

Komandan Kompi Pos Sei Beruang SSK IV Kapten Arm Joni menambahkan pelaksanaan perbaikan jalan tersebut dilaksanakan kurang lebih sepanjang 6 kilometer yang dilaksanakan personel gabungan dari Pos Sei Beruang dan Pos Batu Balai bersama masyarakat setempat.

"Kami bersama masyarakat Gunung Pentik bergotong royong memperbaiki jalan yang sudah rusak dan hampir tertutupi tanaman liar," ucap Joni.

Setelah melaksanakan perbaikan jalan, personel Pos Sei Beruang dan Pos Batu Balai melanjutkan kegiatan anjangsana ke Kampung Gunung Pentik dalam rangka pembagian sembako dan melaksanakan pengobatan gratis.

"Setelah selesai melaksanakan perbaikan jalan, keesokan harinya kami kembali melaksanakan anjangsana ke warga di Kampung Gunung Pentik untuk membagikan sembako kepada warga serta kami melaksanakan pengobatan gratis kepada mereka," tuturnya.

Sementara itu, salah satu tokoh masyarakat Kampung Gunung Pentik Bidan (61) mengucapkan terima kasih kepada personel Satgas yang bersedia membantu memperbaiki jalan dan peduli kepada warga di kampungnya.

"Kami sangat merasa terbantu akan kehadiran bapak-bapak TNI dari satgas di perbatasan, semoga dengan diperbaikinya jalan ini dapat membantu dan mempermudah akses warga dalam melaksanakan aktivitas dan semoga hubungan antara masyarakat dengan TNI di perbatasan tetap berjalan harmonis," katanya.

Baca juga: TNI bersama warga bangun jembatan Nanga Bayan di perbatasan Indonesia-Malaysia

Baca juga: TNI dan warga perbatasan bersihkan pohon tumbang di jalan

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023