Proses pembangunan Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pontianak di komplek Kapuas Indah Jalan Kapten Marsan Kelurahan Benua Melayu Darat Kecamatan Pontianak Selatan saat ini sudah mencapai 54 persen.

 “Saya berharap tiga bulan ke depan pembangunan gedung MPP menunjukkan progres yang lebih cepat sehingga bisa segera difungsikan,” kata Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono  saat meninjau pembangunan MPP di Pontianak, Jumat.

Edi Kamtono mengatakan, kawasan Kapuas Indah, Pasar Cempaka termasuk Pasar Tengah nantinya akan menjadi sebuah kawasan representatif sebagai pusat perdagangan sekaligus pusat pelayanan publik, pemerintahan dengan suguhan pemandangan waterfront Sungai Kapuas.

Dia mengatakan bangunan MPP ini merupakan bagian dari penataan kawasan waterfront dan Kapuas Indah. Dimana nantinya kehadiran MPP yang menjadikan waterfront sebagai wajah terdepan gedung, diharapkan lebih rapi dan tertata serta estetik.

"Untuk target kami harapkan dapat  diselesaikan pada bulan Oktober 2023 dan kalau bisa lebih cepat lebih baik," katanya.

Menurut dia lagi, lebih dari 30 tahun, kawasan Kapuas Indah tidak pernah tersentuh atau ditata. Namun nantinya sejalan pembangunan MPP di kawasan ini diharapkan mampu mempercantik dan memperindah bangunan yang ada serta membangkitkan kembali aktivitas perekonomian di sekitarnya.

Selain itu, kawasan di depannya juga akan dibangun Pujasera menghadap waterfront. Sehingga pedagang-pedagang di sini kita harapkan mendapat dampak positif dengan banyaknya masyarakat yang datang ke mal pelayanan publik.

Sementara itu jumlah jenis pelayanan yang akan disediakan pada MPP sebanyak 21 jenis layanan. Penyedia layanan selain dari Pemkot Pontianak, juga ada dari kementerian dan lembaga.

"Untuk instansi di luar Pemkot Pontianak sudah siap dan kita juga telah berkoordinasi seperti pihak kepolisian, kementerian keuangan, Imigrasi dan Kementerian Agama," sebutnya.

Edi menuturkan, MPP juga menjadi program unggulan pemerintah pusat yakni Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan-RB) untuk mengarahkan daerah-daerah membangun Mal Pelayanan Publik.

"Tujuan dibangun nya MPP adalah untuk memudahkan masyarakat mendapatkan layanan publik yang terpusat dan terintegrasi sehingga lebih efisien dan cepat, artinya pelayanan di sini One Stop Service," kata Edi.

Baca juga: Pemerintah Kota Pontianak tingkatkan sarana dan prasarana pelayanan terpadu satu pintu

Baca juga: Pontianak bangun Mal Pelayanan Publik dengan konsep sejarah Sungai Kapuas

Baca juga: Edi Kamtono harapkan Mal Pelayanan Publik picu perekonomian

Pewarta: Slamet Ardiansyah/Prokopin Kota Ptk

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023