Kapolres Kubu Raya AKBP Arief Hidayat mengimbau seluruh masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar karena hal itu bisa memicu terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan tanah gambut yang banyak terdapat di wilayah Kubu Raya.

“Cegah karhutla dengan tidak membakar sebarangan, dan kami dari Polres Kubu Raya bersama TNI dan Pemerintah Daerah (Pemda) Kubu Raya telah menyiapkan sarana dan prasarana untuk mempersiapkan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla,” kata AKBP Arief Hidayat di Kubu Raya, Senin.

Dalam kesempatan itu Kapolres Kubu Raya juga mengingatkan dari hasil perkiraan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) tahun ini dinyatakan akan terjadi kemarau panjang.  Dan saat ini juga sudah memasuki musim kemarau yang perlu dilakukan antisipasi karhutla.

“Terkait hal ini juga perlu dilakukan koordinasi serta kerja sama semua pihak dalam pencegahan dan penanganan karhutla di Kabupaten Kubu Raya,” kata AKBP Arif.

Kapolres Kubu Raya itu juga mengatakan, saat ini seluruh personel di jajaran Polres Kubu Raya sudah disiapkan, mulai dari Polsek maupun Bhabinkamtibmas agar lebih sigap dan cepat bergerak ketika menemukan titik karhutla.

Kapolres Kubu Raya berharap agar pada tahun 2023 yang saat ini memasuki musim kemarau Polres Kubu Raya tidak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kami juga minta peran aktif dari masyarakat untuk memberikan informasi ketika menemukan titik api di wilayahnya, sehingga kami secara kepong bakul bersama TNI dan pemerintah daerah bisa cepat menanggulanginya," pinta Kapolres.

Arief menambahkan, untuk mencegah terjadinya karhutla  ini Kapolda Kalbar telah menyarankan untuk tatap memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

“Kepada seluruh petugas yang terlibat saya minta tetaplah  bersemangat, jalin komunikasi dalam pelaksanaan tugas di lapangan dan tetap jaga keselamatan,” kata Arief.

Baca juga: Gubernur Kalbar minta Pemda dan Kepolisian tindak tegas pelaku Karhutla

Baca juga: Kubu Raya memiliki 70 persen lahan tanah gambut rawan Karhutla

Baca juga: Polisi-damkar padamkan dua hektare lahan terbakar di Sungai Raya

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023