Tanpa belas kasihan, seorang bayi perempuan yang diduga berumur tidak lebih dari lima bulan dibuang orang tak bertanggungjawab di tempat pembuangan sampah. 

"Kami mendapat laporan warga menemukan bayi perempuan  yang di buang di dalam tempat pembuangan sampah di Komplek Batara II Rt.09 Rw.01 Desa Sungai Raya Dalam Kecamatan Sungai Raya, Kubu Raya, Kalimantan Barat. Penemuan bayi itu di perkirakan sekitar pukul 10.00 WIB pagi tadi," kata Kasubsie Penmas Polres Kubu Raya Aipda Ade di Mapolres Kubu Raya, Selasa.

Ade mengatakan, pertama kali bayi tersebut ditemukan pada saat Syahrieh (50) warga Komplek Batara II pulang dari sawah. Saat wanita paruh baya itu melintas di lokasi pembuangan sampah Syarieh mendengar tangisan seorang bayi, karena takut ia melaporkan kejadian itu ke Ketua RT, terang Ade saat menerangkan kronologi penemuan bayi hidup tersebut

“Kemudian mendapatkan laporan dari warganya,  Ketua RT, Suwandi dan Syarieh bergegas ke lokasi tersebut. Keduanya mendatangi sumber tangisan itu berasal dari bungkusan kantong plastik hitam. Namun setelah di buka oleh Suwandi ternyata di dalamnya terdapat seorang bayi yang masih hidup, berplasenta dan berlumuran darah," ujar Ade.

Kemudian lanjut Ade, dengan tergesa-gesa Suwandi dan Syarieh kemudian membawa bayi tersebut ke Rumah Sakit Bersalin Nabasa di Jalan Sungai Raya Dalam Kecamatan Pontianak Tenggara guna memberikan pertolongan pertama kepada bayi malang ini. Untuk proses selanjutnya, Suardi langsung melaporkan peristiwa penemuan bayi tersebut ke Bhabinkamtibmas Sungai Raya Dalam.

“Dugaan sementara, bayi ini dibuang oleh orang tuanya yang tidak bertanggung jawab. Petugas sudah melakukan olah TKP dan mencari informasi kepada warga sekitar, saat ini petugas sedang mengusut pelaku yang tega membuang bayi yang tak memiliki dosa  tersebut," tutur Ade

Ade menambahkan, kasus pembuangan bayi ini sudah yang keenam kalinya di Kabupaten Kubu Raya dimana satu kasus sudah terungkap.

"Kami mohon kepada warga yang memiliki informasi bantu kami  dengan cara memberikan informasi kepada petugas Polres Kubu Raya atau petugas Kepolisian terdekat sehingga kasus pembuangan bayi ini dapat cepat terungkap," tandas Ade. 

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023