Wakil Bupati (Wabup) Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat, Wahyudi Hidayat mengatakan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) berperan penting dalam menciptakan kerukunan dan keharmonisan umat beragama di wilayah itu.

"Keberadaan FKUB itu sangat penting dan sangat membantu Pemkab Kapuas Hulu dalam menciptakan dan menjaga kerukunan di tengah masyarakat," kata Wahyudi Hidayat di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Wahyudi, pemerintah daerah akan terus memberikan dukungan terhadap FKUB agar selalu tercipta kerukunan antar umat beragama di tengah keberagaman masyarakat Kapuas Hulu.

Menurutnya, dari arahan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) saat Rapat koordinasi nasional (Rakornas) agar adanya sinergisitas pemerintah daerah bersama FKUB dalam tetap menciptakan kerukunan di tengah masyarakat.

"Yang jelas kami dari pemerintah daerah siap mendukung baik dari segi anggaran dan kegiatan FKUB, karena keberadaan FKUB memang sangat penting," katanya.

Dikatakan dia, Kabupaten Kapuas Hulu memiliki masyarakat yang beragam baik agama mau pun suku, sehingga sangat penting semua pihak bersama-sama dalam merawat kerukunan umat beragama tanpa memandang dan memperdebatkan perbedaan.

Oleh karena itu dia, mengajak agar semua pihak hingga lapisan masyarakat untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan dalam merawat kerukunan umat beragama di Kabupaten Kapuas Hulu.

Sementara itu, Ketua FKUB Kapuas Hulu Zainuddin berharap agar FKUB dan pemerintah daerah saling mendukung terutama dalam program dan anggaran untuk kegiatan FKUB.

"Kami ingin menyamakan persepsi agar saling mendukung antara FKUB dan pemerintah daerah dalam upaya terus menciptakan dan memelihara kerukunan umat beragama," katanya.

Selain itu, Zainuddin juga mengajak semua pihak untuk saling sinergi untuk merawat kebhinekaan dan kerukunan umat beragama di wilayah Kapuas Hulu.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023