PT Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan melalui unit usahanya DPPU Supadio mengadakan kegiatan Sosialisasi Perpustakaan Digital kepada tujuh sekolah terpilih.

Kegiatan tersebut digelar di SMP Negeri 3 Sungai Kakap, Kubu Raya, dengan menghadirkan kepala sekolah, pustakawan dan admin dari masing-masing sekolah.

“Pertamina melalui program CSR Taman Emas Pertamina terus berupaya meningkatkan pembangunan sumber daya manusia di Kubu Raya ini, salah satunya melalui bantuan perpustakaan digital ini sebagai upaya peningkatan literasi masyarakat dengan memanfaatkan teknologi dan mengikuti perkembangan zaman saat ini” ujar Wibisono selaku Operation Head DPPU Supadio saat ditemui di Kubu Raya Kalimantan Barat, Kamis.

Wibisono menambahkan bahwa untuk meningkatkan dan memperluas pemanfaatan perpustakaan digital ini, Pertamina memberikan perluasan akses penggunaan kepada 7 sekolah terpilih di Sungai Kakap, sehingga guru dan siswa di tujuh sekolah tersebut dapat memanfaatkan akses perpustakaan digital Taman Emas Pertamina dimanapun dan kapanpun untuk menunjang pembelajaran mereka.

Di tempat terpisah Area Manager Comm, Rel & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Kalimantan Arya Yusa Dwicandra menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu tanggungjawab sosial lingkungan perusahaan yang mendukung program pemerintah dalam mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Khususnya no.4 menjamin kualitas pendidikan yang inklusif dan merata serta meningkatkan kesempatan belajar sepanjang hayat untuk semua," kata Arya.

Pengembangan terhadap perpustakaan juga merupakan salah satu upaya dalam meningkatkan literasi serta minat baca, mengingat Indonesia menurut UNESCO menduduki peringkat ke-60 dari 61 negara soal minat baca dan hanya 0,001 persen yang memiliki minat baca.

Pertamina bersama Rumah Pintar Punggur Cerdas membangun sebuah transformasi literasi digital melalui pengembangan perpustakaan digital pertama di Kabupaten Kubu Raya. Pertamina memperkenalkan Perpustakaan Digital Taman Emas Pertamina yang berpusat di Kampung Literasi Punggur Cerdas, Desa Punggur Kecil, Kecamatan Sungai Kakap, Kubu Raya. 

Perpustakaan Digital Taman Emas Pertamina hadir sebagai upaya perubahan perpustakaan dari konvensional menjadi modern dengan memanfaatkan teknologi, sehingga menstimulus masyarakat untuk gemar membaca. 

Founder Rumah Pintar Punggur Cerdas, Umulia mengatakan selain itu, dengan memanfaatkan teknologi juga memudahkan masyarakat khususnya pelajar dan guru dalam mengakses informasi dan sumber referensi dengan perangkat berbasis android dan PC.

“Perpustakaan digital atau smart library menawarkan kemudahan bagi para pengguna untuk mengakses sumber-sumber elektronik dengan alat menyenangkan pada waktu dan kesempatan yang tidak terbatas. Pengguna bisa menggunakan sumber-sumber informasi tersebut tanpa harus terikat pada jam operasional perpustakaan seperti jam kerja atau jam kunjungan perpustakaan” ujar Umilia.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023