Dewan Pengurus Daerah Masyarakat Sadar Wisata (Masata) Kalimantan Barat siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah serta kelompok sadar wisata (pokdawis) untuk memajukan sektor pariwisata di Kabupaten Kubu Raya.

"Kami telah melakukan audiensi dengan Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan dan menyatakan siap berkolaborasi dengan pemerintah daerah termasuk pokdarwis yang memiliki destinasi wisata untuk memajukan wisata di daerah tersebut," ujar Ketua DPD Masata Kalbar, Zulkifli di Pontianak, Sabtu.

Ia menjelaskan Kubu Raya memiliki potensi menjadi destinasi wisata baik untuk wisatawan lokal maupun luar Kalbar. Menurutnya, butuh dukungan semua pihak dalam memajukan wisata yang ada.

"Secara organisasi sebagaimana tujuan hadirnya Masata yakni sebagai organisasi pelaku, pemerhati dan pencinta pariwisata Indonesia yang berkompeten dalam mendukung pariwisata berkelanjutan di Indonesia, kami siap bersama untuk memajukan wisata di Kalbar termasuk di Kubu Raya," ucap dia.

Sementara itu, Bupati Kubu Raya, Muda Mahendrawan menyambut baik hadirnya Masata Kalbar dan komitmen untuk berkolaborasi dalam memajukan wisata di daerah. Menurutnya, untuk memajukan wisata butuh peran serta para pihak, bukan hanya pemerintah saja.

"Kubu Raya ini destinasi unggulannya masih berbasis ekowisata seperti wisata mangrove di Sungai Kupah, destinasi wisata di Sungai Deras dan Rasau. Kemudian kegiatan juga sekarang mulai bangkit," ucap dia.

Menurutnya, wisata bahari yang dipadukan dengan ekowisata mangrove di Kubu Raya juga tidak kalah menarik. Kekayaan sumber daya alam dengan satwa dan lingkungan hidup menjadi daya jual untuk wisatawan.

"Pemerintah daerah juga terus menggerakkan pegiat dan pelaku industri wisata di Kubu Raya termasuk pelaku UMKM. Pelaku UMKM ini menjadi bagian penting untuk menghadirkan kuliner, oleh - oleh dan lainnya," kata dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023