Kepolisian di Bengkayang, Kalimantan Barat ikut membantu bangun Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Mini Low RPM bagi masyarakat pedalaman yakni Dusun Senoleng, Desa Sungkung III, Kecamatan Siding.

“PLTMH Mini Low RPM ini merupakan salah satu cara kami untuk memanfaatkan potensi alam secara baik, sehingga manfaatnya dapat dirasakan masyarakat sekitar berupa listrik," ujar Kepala Kepolisian Sektor Siding, Ipda Oman Kurnianto saat dihubungi di Bengkayang, Kamis.

Ia menjelaskan pemanfaatan aliran sungai untuk pembangkit listrik tersebut merupakan inisiasi dari Bhabinkamtibmas Desa Sungkung III Polsek Siding Bripka Adang Sugiarto yang didukung Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno dan kemudian ditindaklanjuti Kapolsek Siding serta dukungan dan kerja sama dari Pihak Desa Sungkung III beserta masyarakat.

Mengenai biaya yang dikeluarkan dalam pembelian bahan tersebut merupakan dari Bhabinkamtibmas Bripka Adang Sugiarto itu sendiri. Adapun ia menambahkan mengenai kelemahan dari turbin air yakni listrik yang dihasilkan dari alat tersebut hanya mampu untuk menerangi dua tempat.

“Untuk bahan-bahan yang digunakan ini merupakan biaya yang dikeluarkan Bhabinkamtibmas Bripka Adang Sugiarto adapun biaya yang dikeluarkan berkisar Rp10 juta. Sementara itu, untuk listrik yang dihasilkan dari turbin ini, kurang lebih 400 sampai dengan 500 watt saja. Artinya hanya mampu untuk menerangi lampu Aula Desa dan Kantor Sekretariat Panitia Pemungutan Suara Desa Sungkung III,” jelas Oman.

Ia berharap, masyarakat bisa bersama-sama untuk menjaga dan merawat turbin air tersebut. Apabila ingin daya listrik tetap stabil, aliran di sungai harus tetap deras dan tidak boleh surut atau tersendat karena tertutup sampah.

“Selama berjalannya kegiatan tentu tidak berjalan mulus begitu saja. Kami dihadapkan beberapa kendala, salah satunya akses menuju Desa Sungkung III yang cukup menyulitkan, namun dengan kerjasama semua pihak, hal tersebut dapat kami lalui,”katanya.

Sementara itu, Kepala Desa Sungkung III, Sujianto menyambut baik bantuan yang dilakukan pihak Kepolisian yang dalam hal ini Polsek Siding. Ia berharap inovasi tersebut dapat dimanfaatkan dan menjadi inspirasi bagi semua pihak.

“Saya mewakili masyarakat Desa Sungkung III, mengucapkaan terima kasih kepada Polsek Siding khususnya Bhabinkamtibmas Desa Sungkung III Bripka Adang Sugiarto atas pembuatan PLTMH Mini Low RPM. Ini tentu bermanfaat bagi masyarakat. Sebelumnya kantor desa belum ada penerangan namun sekarang sudah ada berkat PLTMH ini," ucap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023