Sekretaris Daerah Kabupaten Kubu Raya Yusran Anizam menegaskan setiap guru di Kubu Raya untuk memanfaatkan teknologi dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah.

"Pada peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, saya menyampaikan apresiasinya kepada seluruh guru, karena para guru telah berjuang untuk menciptakan generasi unggul khususnya di Kabupaten Kubu Raya. Pada momentum Hardiknas ini, saya mengajak seluruh guru untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam proses belajar mengajar agar meningkatkan kualitas pembelajaran," kata Yusran di Sungai Raya, Selasa.

Menurutnya, dengan memanfaatkan teknologi pada proses pembelajaran, akan meningkatkan efisiensi penggunaan teknologi dapat membantu guru menghemat waktu dan mengurangi beban kerja mereka dalam membuat, menyusun, dan mengelola materi pembelajaran. Selain itu, teknologi juga dapat membantu mengurangi biaya dan waktu yang diperlukan untuk mencetak dan mendistribusikan materi pelajaran.

"Teknologi memungkinkan siswa dan guru untuk berkolaborasi dengan lebih mudah, baik secara online maupun offline. Ini dapat membantu memfasilitasi diskusi, berbagi ide, dan bekerja sama dalam proyek dan tugas serta meningkatkan fleksibilitas dan kualitas pembelajaran," tuturnya.

Dalam rangka untuk memanfaatkan teknologi dengan efektif dalam pembelajaran, penting untuk memastikan bahwa teknologi tersebut digunakan dengan cara yang tepat dan dikelola dengan baik.

Guru dan siswa harus dilatih dalam penggunaan teknologi dan harus terus memantau dan mengevaluasi penggunaannya untuk memastikan efektivitas dan kesesuaian dengan kebutuhan pembelajaran.

Yusran menuturkan buah dari pengabdian para guru terlihat dari capaian sektor pendidikan di Kubu Raya yang berkontribusi memberikan peringkat Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Kubu Raya menjadi yang terbaik untuk kategori kabupaten se-Kalimantan Barat.

"Kita ketahui bersama pendidikan merupakan suatu upaya investasi yang memang tidak bisa dirasakan langsung namun terbukti pendidikan dapat membuat seseorang dan masyarakat menjadi sejahtera. Tentu sejahtera bukan diukur hanya dari materiil tapi juga sejahtera dalam hal akal pikiran dan sebagainya," ujarnya.

Karena itu, lanjut Yusran, pendidikan menjadi salah satu sektor prioritas di Kabupaten Kubu Raya. Ia menegaskan pendidikan merupakan pelayanan dasar yang harus diselenggarakan oleh pemerintah daerah.

"Masyarakat dan orang per orang punya hak untuk mendapatkan pendidikan. Ini (pendidikan) adalah hak warga negara. Karena ini hak, berarti menjadi kewajiban kita untuk menyelenggarakannya," ucapnya.

Yusran menyampaikan selamat memperingati Hari Pendidikan Nasional dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh guru atas kinerja dan pengorbanannya yang tanpa pamrih sebagai pengawal untuk mewujudkan generasi unggul di Kubu Raya.


 

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023