Sebanyak 305 calon haji Kabupaten Sambas, Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) mulai mengikuti bimbingan manasik haji yang dibuka oleh Bupati Sambas Satono.

"Saya bahagia dan bangga bisa berkumpul dengan calon haji Sambas yang akan berangkat ke Tanah Suci. Saya juga berterima kasih kepada Kepala Kantor Kemenag yang berkolaborasi dengan Pemkab Sambas melaksanakan manasik haji selama dua hari," Bupati Sambas Satono saat dihubungi di Sambas, Senin.

Ia mengatakan bimbingan manasik haji untuk menambah khazanah keilmuan, bagaimana mencapai haji yang mabrur. Menurutnya, dengan biaya haji yang cukup maha, harusnya ditunaikan dengan ibadah yang sungguh-sungguh oleh setiap jamaah calon haji.

"Biaya haji kita ketahui cukup mahal, sayang rasanya kalau kita tidak bersungguh-sungguh untuk meraih haji yang mabrur," ucapnya.

Ia meminta jamaah calon haji memfokuskan diri selama dua hari untuk mengikuti bimbingan manasik haji.

"Calon haji fokus untuk mengikuti manasik meskipun telah mengikuti manasik tingkat kecamatan. Tetapi, terus tambah keilmuan dan pemahaman agar ibadah haji berjalan lancar dan meraih haji mabrur," ujarnya.

Sementara itu, Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag Kalimantan Barat Kamaludin menambahkan bahwa kuota haji Kalbar musim haji 1444 Hijriah/2023 Masehi sebanyak 2.519 orang.

Terkait rencana pemberangkatan pertama calon haji Kalimantan Barat menuju embarkasi Batam pada 14 Juni 2023. Dari Embarkasi Batam mulai berangkat ke Jedah 15 Juni 2025. Keberangkatan terakhir ke Jedah 21 Juni 2023.

Baca juga: Kemenag mulai lakukan manasik haji untuk 2023
Baca juga: Wabub sambut 143 jamaah haji asal Kabupaten Sambas
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023