Sentarum Laboratorium milik Perusahaan Daerah (Perusda) Provinsi Kalbar siap membuka kolaborasi dengan pelaku usaha untuk mendukung ekspor kratom berkualitas sebagai jawaban atas persoalan puluhan kontainer yang diekspor dikembalikan.

"Dalam beberapa hari ini kita dengar puluhan kontainer ekspor komoditi kratom yang ditolak atau dipulangkan dari Amerika Serikat dengan alasan kualitas yang buruk. Hal itu menambah panjang daftar cerita pahit perdagangan komoditi unggulan asal Kalbar. Sebagai solusi kami membuka kolaborasi," ujar Direktur Perusda Aneka Usaha Provinsi Kalbar, Syariful Hamzah Nauli di Pontianak, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa kejadian yang ada tentu sangat berpengaruh besar bagi seluruh pelaku usaha di tiap tingkatan mulai dari petani, pekerja sampai pedagang besar maupun kecil. Kerugian tidak hanya dialami oleh eksportir terkait tapi rantai distribusi dan produksi di bawahnya juga terdampak.

"Kejadian seperti yang terjadi belakangan ini adalah salah satu alasan kami mendirikan Laboratorium Uji Mutu Kratom atau Sentarum Laboratorium yang telah diresmikan secara simbolis oleh Gubernur Kalbar, Sutarmidji, pada awal tahun ini bertepatan dengan peringatan ulang tahun Pemerintah Provinsi Kalbar," jelas dia.

Menurutnya, hadirnya Sentarum Laboratorium diharapkan dapat mencegah atau setidaknya meminimalisir kejadian-kejadian tidak diinginkan seperti ditolak atau bahkan dikembalikan karena alasan kualitas yang buruk dan tidak sesuai dengan pesanan importir di negara tujuan.

"Perusda Aneka Usaha melalui Sentarum Laboratorium berusaha untuk hadir dan berkontribusi untuk meningkatkan daya tawar dan kepastian bagi pelaku usaha  di sektor ini dengan memberikan pelayanan uji mutu kratom yang transparan dan independen, yang pada akhirnya bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat," papar dia.

Kembali, pihaknya membuka ruang selebar-lebarnya untuk berkolaborasi dengan semua pihak yang terkait dengan bisnis tersebut dan untuk terus meningkatkan kualitas layanan Sentarum Laboratorium terus melakukan evaluasi dan berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait baik pemain lokal maupun luar.

"Bahkan pembeli dari Amerika dan Eropa telah menjalin komunikasi dengan kami dan beberapa di antaranya sudah berkunjung langsung dan menyatakan komitmen untuk melakukan kerjasama dengan Sentarum Laboratoium yang dimiliki oleh Perusda Aneka Usaha Provinsi Kalbar," jelas dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Evi Ratnawati


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023