Ketua Umum PB Asosiasi Bola Tangan Indonesia (ABTI) Zulfydar Zaidar mengapresiasi im bola tangan DKI Jakarta yang mengikuti Malaysia Open Kejohanan Bola Baling Hulu Langat Penngkat Antar Bangsa U-18 di Uniten Sport Complex, Bangi, Selangor, Malaysia pada 25 hingga 31 Mei 2023.

"Saya mengapresiasi pengurus DKI Jakarta yang mengirimkan tim bola tangan putra-putri tampil di Malaysia Open U-18," ujarnya di Pontianak, Sabtu.

Sebanyak 28 atlet muda U-18 yang dilatih dalam Program Pembinaan Olahraga Prestasi Berkelanjutan (POPB) dan Akademi Handball DKI Jakarta adalah satu keberhasilan besar.

Ia menjelaskan bahwa tim yang dikirim tersebut akan bertanding pada 29-31 Mei 2023 dan tim tersebut diikuti oleh 22 klub yang berada di Malaysia maupun Jakarta. 

Mengenai keikutsertaan tim atlet bola tangan dari DKI Jakarta sendiri dapat menjadi sebuah kesempatan untuk membuktikan hasil latihan khususnya atlet Akademi Handball Jakarta & POPB Bola Tangan DKI Jakarta. 

Kompetisi bola tangan ini sekaligus memberikan penanaman nilai positif kepada atlet untuk menjadi yang terbaik demi menjadi atlet penerus DKI Jakarta masa depan pada level yang lebih tinggi, tingkat internasional 

Terkait harapan terhadap tim atlet, ia berharap para atlet dapat mencapai hasil yang terbaik. Kemudian bermain sportif bertanding sambil memperoleh ilmu. 

“Para atlet yang diajarkan ini tentu diharapkan menjadi strategi yang mumpuni serta pemain-pemain ini dapat sesuai yang ditargetkan oleh pelatih dan mendapatkan hasil yang terbaik. Bola tangan Indonesia berkomitmen melakukan lompat ke tingkat dunia,"ucapnya 

Terkait bola tangan pantai Indonesia di tingkat Asia Tenggara Indonesia putra dan putri di Single Event November 2022 memperoleh medali perunggu. 

Kemudian pada Maret 2023 Indonesia di tingkat Asia, Putra Indonesia memperoleh rengking 7 dan putri memperoleh medali perunggu. 

Saat ini bola tangan Indonesia memiliki atlet tingkat nasional dan Asia Tenggara serta Asia dengan umur rata rata 16 - 19 tahun. Artinya bola tangan indoore dan beach kesiapan kita dalam SEA Games 2025 di Thailand. 

Tim beach dan indoore sudah siapkan dalam pertandingan  2023 hasil Seleknas yang akan dilakukan pada dalam waktu dekat untuk membentuk tim nas beach bola tangan yang bertanding di ANOC di Bali  Agustus 2023 mendatang. 

Timnas  indoore untuk Asia Games di Huanzhu bola tangan juga siap untuk pertandingan dengan hasil yang terbaik.
 

Pewarta: Dedi dan Damara

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023