Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Pontianak menghadirkan satu inovasi layanan reservasi buku daring Booking Buku Online plusu (BOBO+) untuk memudahkan peminjaman buku.

"Dengan layanan ini pemustaka atau orang yang memanfaatkan hanya perlu datang dan mengambil buku yang sudah dipesan, tanpa mencari buku dengan Kiosk Opac di perpustakaan. Inovasi BOBO+ ini memberikan kepastian ketersediaan buku, sehingga mereka tak kecewa jika buku yang dicarinya sudah dipinjam," kata inovator BOBO+, R, Dinas Perpustakaan Kota Pontianak, R Isya di Pontianak, Selasa. 

Isya mengatakan dengan adanya BOBO+, pemesanan buku bisa dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Nantinya, buku yang dipesan pemustaka akan diproses oleh pustakawan dan disimpan di rak buku pemesanan BOBO+.
  
Dirinya menjelaskan terobosan ini merupakan pengembangan dari inovasi yang dimulai Dinas Perpustakaan Kota Pontianak sejak 2017.

"Sejak Agustus 2022, fitur layanan kembali ditingkatkan dari Booking Buku Online (BOBO) menjadi Booking Buku Online (BOBO+). Peningkatannya adalah plus fitur antar pesanan ke rumah untuk penyandang disabilitas dan fitur notifikasi status atau riwayat pesanan buku pada anggota area," kata dia.

Lebih lanjut, dia menyebutkan pemustaka dapat mengetahui status pesanan buku pada anggota area, berupa notifikasi buku sedang dicari, buku siap diambil, buku telah diambil, buku sedang diantar, buku telah diantar dan pesanan selesai.

Kemudian, dia mengatakan peningkatan inovasi terus dilakukan dengan menambah fitur pendaftaran anggota Perpustakaan Kota Pontianak secara daring mulai 8 Februari 2023.

Sementara itu, ada 40 ribu lebih koleksi buku umum dan braille yang bisa dipinjam di perpustakaan yang terletak di Jalan Aliayang, Pontianak Kota, tepat di Kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Disperpusip) Kota Pontianak tersebut.

"Masyarakat dapat mengajukan permohonan pembuatan kartu anggota dan peminjaman buku secara daring melalui layanan BOBO+ yang dapat diakses pada laman https://bobo.pontianak.go.id," katanya.  

Baca juga: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Pontianak tingkatkan kapasitas pustakawan

Baca juga: Perpustakaan Kampung Literasi binaan PLN raih predikat terbaik se-Kota Pontianak

Baca juga: Perpustakaan Bahagia Mendawai Pontianak menjuarai lomba perpustakaan tingkat nasional

Pewarta: Dedi

Editor : Nurul Hayat


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023