Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji berpesan kepada jamaah haji dari wilayahnya agar fokus melaksanakan ibadah selama berada di Tanah Suci.

"Saya selalu pesan ke mereka, fokus ibadah dulu. Jangan melakukan yang lain-lain seperti belanja dan sebagainya. Berangkat saja tas sudah penuh, apa lagi belanja, berarti akan tambah tas," katanya pada acara pelepasan jamaah calon haji di Kota Pontianak, Jumat.

Saat melepas 83 calon haji asal Kalimantan Barat yang tergabung kelompok terbang 33 Embarkasi Batam, dia mengimbau jamaah agar meminta bantuan kepada petugas jika perlu.

"Kita punya pembimbing untuk membantu jamaah haji. Jadi manfaatkan mereka jika memerlukan bantuan. Jangan menggunakan jasa calo," katanya.

Baca juga: Yaqut Cholil Qoumas mengecek persiapan Armuzna di Arab Saudi

Sebanyak 83 calon haji asal Kalimantan Barat yang meliputi 20 warga Pontianak, delapan warga Sanggau, 29 warga Sintang, dua warga Mempawah, dua warga Ketapang, delapan warga Landak, satu warga Bengkayang, lima warga Singkawang, tiga warga Sekadau, dan lima warga Kubu Raya akan diberangkatkan ke Arab Saudi melalui Embarkasi Batam.

Gubernur mendoakan mereka agar sampai ke tujuan dalam keadaan sehat dan selamat serta dapat melaksanakan ibadah haji dengan baik.

"Dan kembali ke Tanah Air dengan selamat dengan memperoleh predikat haji yang mabrur," katanya.

Gubernur juga menyampaikan bahwa jamaah haji asal Kalimantan Barat yang sudah berada di Tanah Suci secara umum dalam kondisi baik.

Baca juga: Fransiskus Diaan ingatkan calon haji terkait protokol kesehatan

"Saya dapat laporan setiap hari. Alhamdulillah kondisinya baik-baik. Kita pantau sampai kembali ke rumahnya masing-masing dan kita pantau kondisinya mereka di Makkah dan Madinah," katanya.

Dia mengingatkan jamaah haji asal Kalimantan Barat agar tidak membawa sendiri air zam-zam karena jatah air zam-zam setiap anggota jamaah haji sudah dikirim ke Kota Pontianak.

"Nanti, ketika pulang semuanya mendapat jatah lima liter masing-masing," kata Sutarmijdi.


Baca juga: Gubernur lepas 184 JCH kloter 27 ke embarkasi Haji Batam

Baca juga: Satono minta 308 calon haji jaga kesehatan dan perbanyak doa

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023