Gubernur Kalimantan Barat Sutarmidji kembali melepas 184 jemaah calon haji (JCH) yang tergabung dalam kelompok terbang (kloter) 27 yang akan menuju ke Embarkasi Haji  Batam.

"Hari ini kami kembali melepas keberangkatan JCH kloter 27 penerbangan pertama menuju Embarkasi Batam dan selanjutnya menuju Tanah Suci Mekkah," katanya di di Pontianak Jumat.

Ia mendoakan, agar jemaah calon haji  sampai ke tujuan dan tetap dengan kondisi yang sehat supaya dapat melaksanakan semua proses ibadah baji yang pada akhirnya mendapat predikat haji yang mambrur.

"Semoga selamat dalam perjalanan dan sampai ke tujuan dalam keadaan sehat wal'afiat, sehingga dapat menunaikan ibadah haji dengan sempurna dengan memperoleh predikat haji yang mabrur," tuturnya.

Gubernur juga mengingatkan jika sudah di Tanah Suci Mekkah, jemaah calon haji diminta untuk fokus dalam menjalankan ibadah, jangan memikirkan hal-hal lain dulu.

"Bapak/ibu berangkat dari sini fokus ibadah, jangan pikirkan hal lain dulu. Jangan memikirkan pintu rumah sudah dikunci atau belum, pintu lemari sudah dikunci atau belum, sampai ada yang bilang belum beri makan ayam, ada tuh seperti itu sampai mau minta balik, jadi sudah disana fokus ibadah," katanya dengan nada canda.

Sutarmidji  menambahkan, dalam menunaikan ibadah haji diperlukan konsentrasi, disiplin dan terutama kondisi kesehatan.

"Jangan sampai pergi jauh-jauh berjam-jam, penerbangan bisa 9 jam, jadi sia-sia. Maka dari itu fokus dan jaga kesehatan, fokus ibadah, jangan lakukan hal-hal yang bisa menghambat bapak/ibu menunaikan ibadah haji," katanya.

Pewarta: Rendra Oxtora

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023