Sebanyak 4.500 orang wisatawan telah mengunjungi Pantai Pulau Datok Sukadana Kabupaten Kayong Utara pada musim liburan Idul Adha 1444 hijriah.

"Alhamdulillah selama dua hari liburan Idul Adha telah tercatat 4.500 orang yang telah mengunjungi Pantai Pulau Datok. Itu berdasarkan tiket masuk yang terjual," kata Pejabat Fungsional Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Kabupaten Kayong Utara, Edi Rudiyanto, Minggu.

Menurutnya, pantai yang menjadi tempat perhelatan Sail Selat Karimata 2016 silam selalu ramai dikunjungi oleh warga saat liburan tiba terutama hari besar islam seperti saat ini.

Hal ini pun berdampak pada peningkatan PAD pemerintah dan peningkatan UMKM kecil yang selama ini menggantungkan pendapatan di tempat wisata tersebut.

"Kami memantau banyak pedagang yang terdampak disini, sehingga geliat ekonomi di Kayong Utara semakin tumbuh dan berkembang," katanya.

Ia menambahkan para pengunjung Pantai Pulau Datok berasal dari berbagai daerah yang ingin menikmati keindahan pantai yang masih alami tersebut.

Pohon yang rindang, garis pantai yang mencapai 1 kilometer tersebut tentu membuat pantai yang berada di pusat Kayong Utara ini menjadi pilihan utama ketika liburan.

"Tentunya Pantai Pulau Datok tidak hanya menawarkan keindahan alamnya namun juga fasilitas penunjang kepariwisataan di sini juga ada," kata dia.

Wahana permainan mulai dari kano, odong - odong, mobil - mobilan, serta pasar malam yang tersedia tentu menjadi penunjang pariwisata di Pantai Pulau Datok.

"Hotel juga dekat, 5 menit dari pantai, penginapan juga ada beberapa di sini, sehingga tidak perlu khawatir jika ingin menginap,"jelasnya.

Salah satu pedagang kecil di Pantai Pulau Datok Anton mengakui keuntungan usaha dagang kecilnya meningkat jika hari libur tiba karena pengunjung ramai dan padat di sekitar pantai.

"Alhamdulillah, saya jualan es, sosis bakar dan pentol, kalau hari seperti ini tentu banyak terjual dagangan saya,"kata Anton di Pantai Pulau Datok.

Menurutnya, kesejahteraan pedagang ditentukan banyaknya pengunjung pantai di Pulau Datok, namun ia tidak menyangkal jika hari biasa pendapatannya pas - pasan saja.

Ia berharap agar pantai Pulau Datok menjadi pusat kegiatan pemerintah maupun swasta untuk mendongkrak perekonomian pedagang sekitar.

"Kalau hari biasa tentu tidak ramai di sini, kalau sering diadakan acara di Pantai Pulau Datok tentu ramai pengunjungnya," kata dia.

Pewarta: Rizal Komaruddn

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023