Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Landak, Kalimantan Barat Vinsensius mengatakan hadirnya Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dapat menggali potensi ekonomi daerah.

"TPAKD adalah forum koordinasi bagi lembaga pemerintah dan pemangku kepentingan terkait untuk mempercepat akses keuangan di daerah dalam mendukung menggali dan pertumbuhan ekonomi serta dapat meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat,"ujarnya saat dihubungi di Landak, Rabu.

Vinsensius menuturkan bahwa peranan pemerintah daerah sangat besar dalam pemberdayaan masyarakat dan juga banyak usaha masyarakat daerah yang potensial untuk dikembangkan. Namun masih ada terkendala oleh permasalahan teknis usaha, kualitas industri dan permodalan.

“Untuk itu, kegiatan pleno TPAKD dan FGD perlindungan jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan yang kita lakukan pada hari ini merupakan salah satu perwujudan untuk meminimalisir dampak tersebut," kata dia.

Menurutnya ketersediaan akses keuangan yang luas kepada masyarakat untuk yang mendukung ekonomi daerah  sangat penting. Hal itu juga sejalan untuk menggali potensi ekonomi daerah yang bisa dikembangkan dan disebarluaskan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan terutama di Kabupaten Landak

Menurutnya saat ini OJK dan BI telah melakukan beberapa program yang telah diusung, salah satunya strategi agar penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) menjadi optimal. Penyaluran KUR berawal ke usaha yang debitur/perorangan baru berdiri atau start up, kreatif/super mikro.

“Untuk itu kami berharap potensi-potensi yang telah diusung dalam peningkatan penyaluran KUR tentunya berpotensi mendorong pertumbuhan sektor usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) begitu juga dengan perlindungan jaminan sosial ketenagakerjaan yang dapat memberikan perlindungan bagi usaha mikro kecil,” jelas dia.

Terkait perlindungan jaminan sosial oleh BPJS Ketenagakerjaan Cabang Pontianak sangat penting bagi pelaku UMKM dan semua pihak.

"Perlindungan tenaga kerja diharapkan bisa maksimal dan termasuk menyentuh UMKM. Sehingga semua terlindungi," papar dia.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Pontianak Ryan Gustaviana mengungkapkan senantiasa akan memberikan kualitas pelayanan yang terbaik untuk para peserta.

"Pelayanan itu satu di antaranya dengan penguatan literasi masyarakat pekerja akan jaminan sosial,"ucap dia.

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023