Anggota Komisi IX DPR RI, Alifudin menyatakan sangat berharap seluruh elemen masyarakat dapat terpapar informasi dan edukasi tentang pencegahan dan percepatan penurunan stunting. 

"Kegiatan sosialisasi percepatan penurunan stunting di seluruh tingkatan wilayah, seperti yang kami lakukan bersama BKKBN Kalbar ini perlu dilakukan agar seluruh elemen masyarakat terpapar informasi tentang stunting," kata Alifudin di Melawi, Sabtu.

Selain itu, kata Alifudin kegiatan yang dilakukan ini juga untuk memonitor pelaksanaan program Bangga Kencana secara keseluruhan dan secara khusus untuk memonitor sosialisasi percepatan penurunan stunting.
  
Alifudin mengatakan, kegiatan Kemitraan BKKBN dan Komisi IX DPR RI merupakan sinergi antara eksekutif dan legislatif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"Sesuai fungsinya, BKKBN sebagai lembaga eksekutif mendapat tugas dalam penyelenggaraan Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. Sedangkan DPR RI dalam hal ini adalah Komisi IX  sebagai lembaga legislatif menjalankan salah satu fungsinya dari tiga fungsi yaitu fungsi pengawasan," tuturnya. 

Ia menambahkan, sinergitas tersebut merupakan salah satu wujud akuntabilitas pelayanan publik. Dalam hal kemitraan, BKKBN dan DPR RI selalu berjalan berdampingan, bersama-sama memberikan pelayanan kepada masyarakat. 

"BKKBN sebagai pelaksana program, sedangkan monitoring atau pengawasannya dilakukan oleh DPR RI," katanya.

Pewarta: Slamet Ardiansyah

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023