Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat Tahun 2023 ini melakukan peningkatan pembangunan ruas jalan Simpang Empat Nanga Suruk-Nanga Payang yang merupakan penghubung desa di Kecamatan Bunut Hulu dengan anggaran sebesar Rp27 miliar.

"Peningkatan pembangunan seperti pengaspalan jalan dan perbaikan beberapa jembatan sebagai upaya membuka akses keterisoliran selama ini," kata Bupati Kapuas Hulu Fransiskus Diaan, di Putussibau Kapuas Hulu, Senin.

Ia mengatakan anggaran untuk jalan Simpang Empat Nanga Suruk-Nanga Payang tersebut dianggarkan melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) Kapuas Hulu Tahun Anggaran 2023.

Menurutnya, sekelas kabupaten, anggaran untuk peningkatan pembangunan ruas jalan tersebut cukup besar, sehingga perlu dukungan seluruh masyarakat khususnya di Kecamatan Bunut Hulu, agar proses pembangunannya dapat berjalan lancar sesuai ketentuan berlaku.

"Saya minta masyarakat mendukung program pembangunan ini, jika pun ada beberapa tanaman terdampak pembangunan minta masyarakat untuk merelakannya, karena jalan itu untuk kepentingan bersama," katanya.

Dikatakan, kondisi jalan Simpang Empat Nanga Suruk-Nanga Payang tersebut memang cukup memprihatinkan, sementara jalan tersebut merupakan kebutuhan dasar masyarakat.

Dia berharap dengan dibangunnya jalan itu, dapat memperlancar akses transportasi darat masyarakat, sehingga membuka keterisoliran untuk pertumbuhan ekonomi masyarakat.

"Saya melihat langsung kondisi jalan tersebut, jadi saya merasakan begitu sulitnya melintasi jalan yang sudah sekian tahun mengalami kerusakan cukup serius, jadi saya turun langsung ke lapangan," jelas Fransiskus.

Dia mengatakan akses jalan Simpang Empat Nanga Suruk-Nanga Payang tersebut merupakan penghubung beberapa desa untuk membuka keterisoliran daerah pedalaman yang selama ini sulit diakses, baik untuk anak sekolah, masyarakat berobat maupun aktivitas masyarakat dalam pertumbuhan ekonomi.

 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023