Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat, Rupinus menyatakan sebanyak 79 desa daerah tersebut saat ini sudah berstatus sebagai desa mandiri.

"Status desa mandiri itu setiap tahun mengalami peningkatan dan untuk tahun ini kami targetkan 10 desa untuk naik statusnya jadi desa mandiri," katanya di Putussibau Kapuas Hulu, Jum'at.

Ia menjelaskan, pada 2022 masih ada sembilan desa berstatus desa tertinggal, namun tahun 2023 seluruh desa sudah bebas dari ketertinggalan. Di Kapuas Hulu terdapat 278 desa.

Menurut dia,  dari 278 desa pada 2023 ini terdapat 103 desa berkembang, 96 desa maju dan terdapat 79 desa berstatus desa mandiri.

Menurutnya, ada peningkatan jumlah desa mandiri sebanyak 26 desa jika dibandingkan 2022 yang berjumlah 53 desa mandiri.

"Setiap tahun memang kami targetkan 10 desa mandiri, tahun lalu melebih target dan mudah-mudahan tahun ini target tersebut tercapai," katanya.

Rupinus menjelaskan, ada beberapa indikator dalam menentukan status desa mandir, di antaranya desa yang mempunyai ketersediaan dan akses terhadap pelayanan dasar yang mencukupi, infrastruktur yang memadai, aksesibilitas atau transportasi yang tidak sulit, pelayanan umum yang bagus, serta penyelenggaraan pemerintahan yang sudah sangat baik.

Oleh karena itu,  pihaknya terus mendorong kepala desa untuk secara baik dalam tata kelola pemerintahan desa terutama yang berkaitan dengan dana desa.

Dia mengatakan, desa telah diberikan kewenangan khusus untuk mengelola pemerintahan desa dengan menggali potensi yang ada melalui dana desa dalam mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dengan harapan dapat menambah pendapatan desa.

"Pihak desa harus bisa memanfaatkan dana desa untuk kemajuan desanya, terutama dalam meningkatkan status desa, tentunya perlu komitmen sehingga semakin banyak desa di Kapuas Hulu berstatus desa mandiri," katanya.

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023