Pemerintah Kabupaten Sambas, Kalimantan Barat terus menghadirkan inovasi daerah melalui Sistem Informasi Pengembangan Kompetensi Aparatur Terintegrasi (Siap Kompeten) sebagai implementasi Perbup Sambas Nomor 28 tahun 2021 tentang pengembangan kompetensi pegawai negeri sipil untuk kembangkan potensi sumber daya manusia.

"Siap Kompeten ini merupakan inovasi dari Badan Kepegawaian dan Pengembangan SDM aparatur Kabupaten Sambas. Siap Kompeten sebagai sarana pengembangan kompetensi dalam bentuk teknologi informasi yang mempermudah penyusunan kebutuhan dan rencana pengembangan kompetensi, " ujar Bupati Sambas, Satono saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia mengatakan dengan Siap Kompeten juga mendukung pencapaian program penataan sistem manajemen SDM aparatur untuk mencapai target meningkatnya profesionalisme SDM aparatur pada masing-masing instansi pemerintah menggunakan indikator pengembangan pegawai berbasis kompetensi.

Ia berharap profesionalisme ASN ini berpengaruh signifikan dan positif terhadap pelayanan publik dari berbagai bidang yang digelutinya sesuai dengan tupoksi masing-masing.

"Dengan penerapan siap kompeten diharapkan nantinya memberikan dampak positif dan manfaat yang penting dalam pengembangan kompetensi ASN antara lain dalam identifikasi kebutuhan pelatihan, " jelas dia.

Ia mengapresiasi dan mendukung pengembangan kompetensi ASN melalui pemanfaatan teknologi informasi serta menekankan agar senantiasa mengembangkan kompetensi masing-masing serta mendorong peningkatan kompetensi ASN di lingkungan unit kerjanya.

"Serta melakukan evaluasi terhadap kinerja masing-masing secara berkala. Sebagaimana ketentuan yang berlaku dalam sistem merit yang menitikberatkan pada kualifikasi, kompetensi serta kinerja sebagai pertimbangan utama dalam pengembangan dan penataan karir pegawai," tambahnya.
 

Pewarta: Dedi

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023