Satuan Brimob Polda Kalimantan Barat diturunkan untuk memadamkan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap, Kabupaten Kubu Raya.

"Proses pemadaman api itu memakan waktu cukup lama dikarenakan kebakaran terjadi diatas lahan gambut," kata Komandan Satuan Brimob Polda Kalbar Kombes Pol M. Guntur di Pontianak, Minggu.

Dalam penanganan dan penanggulangan karhutla, kata dia, Satuan Brimob Polda Kalbar telah menyiapkan peralatan dan kendaraan khusus.

Ia menjelaskan upaya pencegahan dan penanggulangan karhutla tugas bersama, sehingga sesuai perintah pimpinan Satuan Brimob Polda Kalbar selalu siap siaga.

"Kami disiagakan dalam membantu pencegahan dan penanggulangan karhutla," katanya.

Dia mengatakan karhutla ancaman serius, baik dari sisi kesehatan karena asap maupun pemukiman warga, seperti halnya karhutla yang terjadi di Desa Punggur, Kecamatan Sungai Kakap.

Untuk itu, setelah personel memadamkan api di lahan Desa Punggur,  dia langsung memberikan imbauan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Selain itu, masyarakat yang berada di sekitar kawasan karhutla untuk selalu waspada dan bersama-sama untuk melakukan pencegahan karhutla.

"Perlu kesadaran bersama, masyarakat saling mengingatkan agar tidak membakar lahan," ucap Guntur.


Baca juga: Brimob Polda Kalbar padamkan karhutla di Sungai Kakap Kabupaten Kubu Raya

Baca juga: Manggala Agni bersama TNI/Polri Singkawang gelar patroli terpadu karhutla
 

Pewarta: Teofilusianto Timotius

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023