Bupati Kayong Citra Duani menerima langsung penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian setelah terpilih sebagai pemerintah daerah dengan kinerja terbaik tingkat nasional dalam rangka pengendalian inflasi daerah tahun 2023 periode pertama menurut provinsi/kabupaten/kota diseluruh Indonesia. 

Penghargaan tersebut diterima di Gedung Sasana Bhakti Praja Kementerian Dalam Negeri di Jakarta, Senin, 31 Juli 2023.

"Dari seluruh Indonesia, pemerintah kabupaten yang menerima penghargaan hanya 24 kabupaten. Dari Kalbar diraih yaitu Kayong Utara dan Sintang," kata Citra Duani dalam rilis yang diterima di Pontianak, Senin.

Penerimaan penghargaan tersebut berdasarkan surat undangan Menteri Dalam Negeri Nomor: 500.2.3/3926/SJ Tanggal 28 Juli 2023 tentang pemberian apresiasi kepada pemerintah dengan kinerja pengendalian inflasi terbaik pada periode I bulan berjalan tahun 2023. 

"Sebagai kompensasi dari pengharaan tersebut, Kabupaten Kayong Utara mendapat insentif fiskal kinerja tahun berjalan hampir Rp10 miliar, tepatnya sebesar Rp9.943.767.000,” katanya.

Menurutnya, dana tersebut akan dipergunakan untuk  meningkatkan ketahanan pangan dan pengendalian inflasi diantaranya dalam bentuk subsidi pangan terhadap masyarakat miskin.

"Kami akan menggelar  pasar murah terhadap 9 kebutuhan pokok, peningkatan produktivitas khususnya sektor pertanian dan perikanan, subsidi akses transportasi,  dan perlindungan sosial di daerahnya,"jelasnya.
 
Bupati Kayong Citra Duani menerima langsung penghargaan dari Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (ANTARA-HO)


Sementara itu Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dalam paparannya mengatakan bahwa dalam rangka pemberian  insentif fiskal kinerja tahun berjalan dalam pengendalian inflasi daerah  Pemerintah RI telah menggelontorkan dana sebesar Rp330 miliar  terdiri dari Rp300 miliar untuk 24 kabupaten dan 6 kota serta Rp30 miliar untuk tiga provinsi di Indonesia. 

"Inflasi harus selalu dijaga dan dikendalikan utamanya melalui subsidi, bantuan pangan, perlindungan sosial, peningkatan lapangan kerja, mudah dan murahnya sarana transportasi, dan lain sebagainya termasuk pemberian insentif fiskal bagi pemda provinsi, kabupaten dan kota yang telah berprestasi mengendalikan inflasi dan inovasi ini hanya ada di Indonesia tidak ada di negara manapun,"jelasnya.

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian menyampaikan apresiasi kepada para kepala daerah baik provinsi maupun kabupaten/kota yang telah mendapat prestasi kinerja terbaik dalam pengendalian inflasi.

“Yang menerima penghargaan insentif fiskal ini luar biasa bayangkan dari 38 provinsi yang mendapatkan hanya 3 provinsi, sementara dari 98 kota hanya 6 kota dan dari jumlah 416 kabupaten di Indonesia hanya 26 kabupaten,” kata Tito.

Menurutnya, untuk indikator penilaian meliputi upaya pengendalian inflasi pangan, laporan pengendalian inflasi, indek pengendalian harga, dan realisasi belanja pendukung pengendalian inflasi.

Penyerahan insentif fiskal dilakukan lansung oleh Mendagri Tito Karnavian bersama Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani, setelah itu dilanjutkan rapat koordinasi pengendalian inflasi tahun 2023.

Pewarta: Rizal Komarudin

Editor : Admin Antarakalbar


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Barat 2023